image_pdf
Pemberian penghargaan kepada tim UM yang meraih juara

Malang- Di era ini mahasiswa tidak hanya mampu berprestasi dalam bidang akademik saja, melainkan mahasiswa milineal kini juga banyak berprestasi di bidang non akademik juga. Salah satu bukti nyata presatasi mahasiswa di bidang non-akademik adalah kemenangan tim mahasiswa Universitas Negeri Malang pada ajang bergengsi tingkat nasional yaitu Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 2019.

Kegiatan KMI tahun ini diadakan di Politeknik Negeri Batam yang menobatkan UM sebagai juara umum (24/11). Mahasiswa UM berhasil menjadi  pemenang dengan predikat juara 1 KMI award kategori industri kreatif (Boomi Indonesia), juara 1 KMI award  kategori produksi budidaya (Reddi apparel),  juara 2 KMI award kategori teknologi (Star 1 ), dan juara 3 KMI award kategori makanan-minuman (Peluchea Infused).

Kontingen UM berhasil menjadi juara umum di KMI 2019

Tahun ini apresiasi yang diberikan oleh UM kepada pemenang KMI selain reward ialah fasilitas penunjang kegiatan kewirausahaan mahasiswa berupa ruang inkubator bisnis yang nantinya akan menjadi pembibitan kewirausahaan di UM ke depannya. Selain itu, ekspos profil kewirausahaan ke media massa juga diberikan sebagai salah satu bentuk apresiasi, ungkap dosen pembimbing KMI Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn. Delegasi UM yang berjumlah 6 tim yang terdiri dari satu tim di professional pitching dan 5 tim finalis kewirausahaan mahasiswa indonesia award berhasil mengalahkan 105 perguruan tinggi di indonesia yang terlibat pada KMI 2019.

Produk dan jasa yang ditampilkan pada KMI tahun ini ialah produk minuman, aksesoris, pakaian, teknologi keamanan, serta jasa visual mentoring pembinaan bakat dan prestasi. Tidak hanya berprestasi diajang KMI salah satu tim UM yaitu Visual Go juga berhasil menjadi juara 1 di tingkat nasional pada ajang perlombaan NAFTEX 2019 september lalu.  

6 Tim delegasi UM di ajang KMI 2019

Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn., sebagai salah satu dosen pembimbing KMI tahun ini menyampaikan strategi UM untuk mempertahankan prestasi sebagai juara umum di KMI mendatang dengan pembibitan wirausahawan melalui kompetisi internal, pembinaan intensif (perencanan bisnis dan motivasi mental entrepreneur), dan kolaborasi lintas fakultas/jurusan dalam pengembagan usaha, pungkasnya.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa – Internship Humas UM