image_pdf

Malang. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) kembangkan desa wisata berbasis seni bersama warga desa Dusun Mentaraman, Desa Pagelaran Kab Malang Jawa Timur. KKN UM beranggotakan 15 orang yang berasal dari Fakultas Sastra UM. Mahasiswa yang memiliki dasar seni ini ingin mengangkat potensi desa Pagelaran yang memiiki minat tinggi terhadap seni. Antusiasme warga desa Pagelaran terhadap KKN UM sangat tinggi dilihat dari pertisipasi dari perangkat, ibu-ibu PKK, anak-anak sampai remaja karang taruna ikut membantu jalannya kegiatan.


Bertempat di Balai Desa Pagelaran, Rabu (15/1) mahasiswa mempresentasikan kepada perangkat desa tentang salah satu hasil proker mereka. Dimana proker itu adalah branding desa Pagelaran berbasis seni dengan beberapa proker tambahan yaitu karnival seni, pembuatan mural gerabah dan TPQ, menciptakan koreografi tari garapan khas beserta musik karawitan, bimbingan belajar seni untuk anak anak, pembuatan video kreatif dan sosialisasi cara pembuatan batik untuk remaja dan ibu-ibu.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) kembangkan desa wisata berbasis seni bersama warga desa Dusun Mentaraman, Desa Pagelaran Kab Malang Jawa Timur

Hasna Aprilia mahasiswa Pendidikan Seni Rupa menjelaskan penngalamannya selama melaksanakan KKN di desa Pagelaran. “Pada awalnya pemikiran kami terhadap KKN bakal membosankan dan membuat tidak betah. Tapi ternyata setelah berjalannya waktu perasaan kami terhadap KKN ini berubah karena ternyata kegiatannya sangat seru, dan rasanya tidak ingin berakhir. Kegiatan ini memberikan banyak sekali pengetahuan dan pengalaman, tak hanya itu KKN dapat menyatukan kebersamaan, kekeluargaan, kekompakkan dan solidaritas antara mahasiswa serta warga desa Pagelaran,” ujarnya.


“Selaras dengan itu warga di desa Pagelaran pun sangat hangat dan welcome terhadap kami. Apalagi anak-anak disini yang sangat bersemangat untuk menggali ilmu. Bahagia menyelimuti hati kami karena baru merasakan indahnya mengabdi. Disini saya juga belajar bersosialisasi, bagaimana bekerja dalam tim serta bertanggung jawab dalam sebuah tim yang solid,” ujarnya.


Harapan dari KKN UM setelah diadakannya kegiatan ini pemuda Desa Pagelaran dapat meneruskan masterplan yang sudah dikerjakan bersama-sama yaitu Desa Pagelaran menjadi Destinasi Wisata Berbasis Edukasi Seni.


Pewarta : Nuri Riskian – Internship Humas UM