image_pdf
Pimpinan UM dan Panitia KMHE 2019 bersama Dr. Didin Wahidin

Malang. Di tahun 2019 ini, Universitas Negeri Malang (UM) dipercaya untuk menjadi penyelenggara kegiatan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019. Kompetisi tingkat nasional ini merupakan sebuah agenda tahunan sejak 2012 lalu yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pembukaan KMHE 2019 dilaksanakan pada Selasa (24/9) di halaman Graha Rektorat UM yang juga dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kontes mobil hemat energi ini akan diselenggarakan sampai hari Sabtu (28/9) mendatang. Sejumlah deretan tamu undangan juga turut memadati serangkaian acara pembukaan kompetisi bergengsi ini. Acara secara resmi dibuka oleh Dr. Didin Wahidin selaku Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti dan Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd selaku Rektor UM. Di tahun 2019 ini, tercatat sejumlah 80 tim dari 45 perguruan tinggi di Indonesia siap mengikuti serangkaian kegiatan KMHE 2019 ini dengan performa terbaiknya.

Dr. Didin Wahidin saat memberikan sambutan pembukaan KMHE 2019

Tujuan diadakannya kompetisi ini tidak lain untuk mewadahi kreativitas mahasiswa Indonesia untuk berperan aktif dalam menjaga kesinambungan energi melalui konsep kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan. Hal tersebut tertuang dalam tema yang diangkat di pelaksanaan KMHE 2019.

“Pelaksanaan KMHE tahun ini mengangkat tema Satu Jiwa Untuk Alam atau dalam bahasa Arema (re: Arek Malang) Utas Awij Untuk Alam. KMHE 2019 saat ini mengambil lintasan di ruas Jalan Jakarta dan ruas Jalan Simpang Ijen,” jelas Dr. Yoto, S.T., M.Pd selaku Ketua Pelaksana KMHE 2019.

Pembukaan KMHE 2019 secara resmi

Target jangka pendek dari kompetisi ini yaitu menjadi acuan bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan ke kompetisi sejenis di tingkat internasional dan untuk jangka panjang diharapkan mampu mendorong mahasiswa Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk menciptakan kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan.

“Melalui KMHE 2019 ini diharapkan menjadi salah satu media edukasi kepada seluruh elemen masyarakat bahwa pendidikan tinggi di Indonesia mampu menjadi modal pendorong inovasi untuk membangun kedaulatan bangsa melalui produk-produk orisinil dan berdaya guna tinggi untuk anak bangsa,” jelas Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd dalam sambutannya.

Semeru Team UM

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dr. Didin Wahidin dalam sambutannya bahwa dengan diadakannya KMHE ini diharapkan tidak hanya sebagai ajang kompetisi balapan mobil di arena sirkuit, melainkan juga sebagai media untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi. “Hari ini merupakan salah satu upaya kita sebagai bangsa Indonesia untuk terus mengikuti perkembangan teknologi di dunia. Sehingga melalui kompetisi ini diharapkan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang merupakan pemimpin bangsa kelak merupakan insan yang berkualitas dan maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tetap cinta tanah airnya agar mampu bersaing di kancah internasional,” ungkap Dr. Didin Wahidin.

Acara kemudian dilanjutkan dengan defile mobil hemat energi dari seluruh peserta. Dalam kompetisi KMHE ini, terdapat 2 kategori kendaraan yang dilombakan yaitu urban dan prototype dengan empat jenis bahan bakar yaitu diesel, listrik, gasoline, dan ethanol. Setiap tim memamerkan inovasi mobil hemat energinya di hadapan para tamu undangan dan penonton. Semarak kegiatan pembukaan ini tentu masih akan berlanjut dengan serangkaian kegiatan sampai berakhirnya acara KMHE 2019.

Pewarta           : Andita Eka Wahyuni – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Firda Farhani & Derin Aypa – Internship Humas UM