image_pdf

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali ukir prestasi melalui ajang kompetisi Rencana Bisnis Koperasi Milenial Jatim. Pada ajang tersebut KOPMA UM diwakili oleh Diah Ayu Meilinasari dari Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Anindya Apriyanti dari Prodi S1 Pendidikan Akuntansi yang berhasil meraih Juara 1.

Rencana Bisnis Koperasi Milenial merupakam kompetisi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur setiap tahunnya. Kompetisi ini terdiri dari dua seleksi yaitu seleksi proposal dan presentasi. Semua rangkaian kompetisi tahun ini diadakan secara daring mulai tanggal 7 Juni 2021 hingga 3 Juli 2021, imbas dari pandemi yang masih berlangsung di Indonesia.

“Proposal yang kita ajukan itu memakai ide Agricultive yang merupakan aplikasi berbentuk marketplace dan media edukasi untuk koperasi pertanian.” tutur Diah Ayu selaku ketua Tim.

Diah Ayu juga menjelaskan, bahwa idenya ini berangkat dari keresahan masyarakat di tengah pandemi yang bingung mau memasarkan produknya itu dimana. Belum lagi di kota Malang orang yang berprofesi sebagai petani itu banyak namun tingkat keberhasilan ekonominya masih rendah.

“Di dalam platform yang kita ciptakan, selain untuk jual-beli, kita juga menyediakan kebutuhan petani seperti pupuk dan lain-lain. Kita juga menyediakan fitur edukasi dan konsultasi dengan orang yang expert di bidangnya. Jadi untuk rekan mahasiswa, jangan pernah berhenti untuk mencoba karena kita tidak pernah tahu kapan dan dimana titik keberhasilan kita. Terus semangat dan jangan menyerah agar tetap bisa produktif meski situasi saat ini sedang tidak baik-baik saja,” pesannya.

Pewarta          : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM