image_pdf

Malang. Dalam rangka kegiatan Program Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI), Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kuliah tamu di Aula Ki Hajar Dewantara lantai 7, Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Rektor 1 UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetdjipto, M.Ed., M.Si yang sekaligus membuka acara kuliah tamu, Rabu (17/07). Kegiatan kuliah tamu ini merupakan rangkaian kegiatan PKKUI Konsorsium dari 3 kampus yaitu UM, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan STIE Malangkucecwara.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat jejaring kantor hubungan internasional ke dalam dan luar negeri, sehingga perlu adanya sebuah kerjasama. Didalam negeri UM bermitra dengan UNESA dan STIE Malangkucecwara. Di luar negeri UM bermitra  dengan Yala Rajabhat University, Thailand. UNESA bermitra Mariano Marcos State University, Manila Filiphina dan STIE Malangkucecwara memiliki mitra yaitu dengan Rajamanggala University of Technology Krungthep dan perwakilan mahasiswa diundang dalam kegiatan acara ini.

Kuliah tamu yang di ikuti oleh 20 mahasiswa yang terdiri dari 10 mahasiswa asing dan 10 mahasiwa lokal. UM mengirim 4 mahasiswa, UNESA mengirim 3 mahasiswa, STIE Malangkucecwara mengirim 3 mahasiswa dan sisaanya dari luar negeri, tema kali ini pun yang diambil yaitu mengangkat tema “Gender Equality”. Salah satu pemateri pada kuliah tamu tersebut yaitu Ibu Marsitah Hamidi, PhD dari University of Malaya,

Selaku diektur HI UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A menjelaskan mengenai pemilihan topik pada kuliah tamu dan rangkaian kegiatan.

“Dengan mengundang mahasiswa disini, maka dilakukanlah salah satu rangkaian kegiatan yaitu kuliah tamu. Kuliah tamu ini mengangkat tema yaitu tenaga kerja migran Indonesia yang tema tersebut jarang di angkat. Selain itu, disini kami ingin memberikan sentuhan yang berbeda dan mahasiswa diajak untuk benar-benar belajar isu yang terjadi di dunia nyata”

Selanjutnya direktur HI ini juga menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan ini sudah sejak (14/07) mulai dari mahasiswa datang, tanggal (15-16/07) mengikuti kegiatan di UNESA, (17/07) mengikuti kuliah tamu di UM, 5 hari kedepan mengikuti kegiatan di Purwodadi Donomulyo, Selasa (23/07) mengikuti kegiatan di STIE Malangkucecwara dan Rabu (24/07) perjalanan pulang mahasiswa. 

Pewarta : Riki Pratama-Internship Humas UM