image_pdf

Prodi PG PAUD Universitas Negeri Malang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Drs. I Wayan Sutama, M.Pd dengan anggota Wuri Astuti S.Pd, M.Pd, Dr. Pramono, S.Pd, M. Or dan dibantu oleh Dewi Endah Nur’Aini dan Lailatus Sangadah selaku mahasiswa PG PAUD 2019. Sasaran kegiatan ini adalah perwakilan guru PAUD dari masing-masing lembaga se kecamatan Boyolangu dengan  tema “PENGEMBANGAN OPEN ENDED PLAY UNTUK MENINGKATKAN 4CS (CRITICAL THINGKING, CREATIVITY, COLLABORATION, COMMUNCATING). Tema ini diusung untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh praktisi PAUD yakni rendahnya kemampuan guru TK dalam menciptakan pembelajaran berbasis open ended play untuk mengasah HOTS anak.       

  Kegiatan ini dilaksanakan secara luring pada tanggal 1-2 Juli 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan dilanjutkan evaluasi secara luring pada tanggal 3 Juli 2021. Kegiatan ini dibuka oleh ibu Jumrotin, S. Pd, M. Pd selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Boyolangu di gedung MWC NU Boyolangu. Diikuti oleh 40 peserta dan 2 pengawas kegiatan ini dilaksanakan secara seksama dan penuh antusias dari peserta pelatihan.

           

Hari pertama peserta diberikan materi tentang 1) PAUD Dalam Prespektif ERI 4.0, 2) Konsep Dasar Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia 5-6 tahun, 3) Konsep Dasar Dan Strategi Pengembangan HOTS Pada Anak Usia Dini serta ditutup dengan pemberian reward  berupa buku hasil karya Drs. I Wayan Sutama, M.Pd yang berjudul “Bagaimana Meningkatkan Higher Order Thingking Skills pada Anak Usia Dini” kepada salah satu peserta yang datang paling awal.

            Hari kedua diisi dengan workshop peserta secara berkelompok untuk menciptakan permainan berbasis Open Ended Play yang akan dipraktikan dihadapan sesama guru TK. Permainan terbaik berdasarkan penilaian tim pengabdian akan dicantumkan dalam buku hasil pengabdian.

Pewarta: Dr. Pramono, S.Pd, M. Or