image_pdf

Malang. Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang (UM) asal kota Kediri, Robby Ainu Fikry berhasil menyabet juara “Best Of The Best” sebagai juara 1 pada kategori umum dalam ajang PLN Video Competition 2018. Berkat kepiawaiannya menggarap film dokumenter yang mengambil latar Desa Ranupani, menghantarkan Robby berhasil memboyong tropy serta sertifikat penghargaan terbaik.

Karya yang ditorehkan berjudul “Langkah Tegas Ranupani” ini memiliki kesesuaian dengan tema, utamanya dan unsur budaya yang diselipkan didalamnya, sehingga membuat nilai tambah dalam film garapannya. Selain itu, mahasiswa ini mampu mengangkat kemajuan Desa Ranupani yang mengalami kemajuan pesat semenjak hadinya listrik dan jalan yang divisualisasikan menjadi film dokumenternya.

Ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh PLN ini merupakan wadah anak-anak muda di Indonesia dalam menyalurkan kreatifitasnya. Robby berhasil mengalahkan pesaing dengan jumlah video yaitu 776 karya dari seluruh penjuru tanah air. Seleksi tahap awal dilakukan oleh pihak PLN yang menyisakan 127 video, pada tahap ini dilakukan untuk memilah video yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dari PLN.

Selanjutnya lewat penjelasan Robby, seorang sutradara sekaligus produser film ternama di Indonesia bernama Mohammad Rivai Riza atau biasa dipanggil Riri Riza memilah 127 karya menjadi 10 pemenang terpilih yaitu 5 pemenang kategori umum dan 5 pemenang kategori pelajar. Pada kesempatan emas ini Robby berhasil menjadi salah satu pemenang dari kategori umum yang selanjutnya diundang PLN untuk hadir di acara Awarding di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tanggal 28 Januari 2019 dalam rangka pengumuman juara dan penyerahan hadiah.

Pelaksanaan kompetisi oleh PLN kali ini benar-benar totalitas dirasakan Robby. Selain uang tunai senilai 30 juta yang diberikan sebagai reward, panitia juga memanjakan para pemenang kompetisi dengan rangkaian acar tour ke TMII dan Dunia Fantasi (Dufan). Semua fasilitas mulai dari pesawat, hotel dan paket wisata ini merupakan penghargaan dari PLN untuk para generasi penerus agar semakin terpacu untuk memaksimalkan kreatifitasnya. Robby tidak lantas berpuas diri dan akan terus belajar demi menyuguhkan karya yang lebih inspiratif. Film dokumenter “Langkah Tegas Ranupani” ini bisa dilihat di laman youtube https://youtu.be/WkDBO8E3-GU.

Pewarta : Riska Febrianti – Internship Humas UM