image_pdf
Pengambilan sumpah jabatan Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd oleh Ketua MWA, Erik Setyo Santoso, S.T.,M.T

Universitas Negeri Malang (UM) secara resmi telah melantik Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., sebagai Rektor untuk masa jabatan 2022-2027. Acara pelantikan ini dilaksanakan di Graha Cakrawala pada Rabu (26/10/2022) dan dihadiri oleh Perwakilan Kemendikbud Ristek, Walikota Malang, Walikota Batu, Jajaran Pimpinan Perguruan Tinggi di Kota Malang, Ketua beserta anggota Majelis Wali Amanat, Pimpinan Forkopimda, Pimpinan Bank yang menjadi mitra UM, dan seluruh sivitas UM.

Rangkaian acara pelantikan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan SK Ketua MWA, Pengambilan Sumpah Jabatan, Penandatanganan Berita Acara dan Pakta Integritas, Penyerahan Laporan Akhir Jabatan dan Memorandum dan ditutup dengan Do`a.  

“Saya ucapkan selamat dan penghargaan untuk Prof. Hariyono yang baru saja dilantik dan mendapatkan amanat menjadi Rektor UM. Semoga bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga menjadikan UM lebih unggul dan menjadi rujukan (GURU) dan bisa menjalankan setiap poin yang ada di AD/ART,” ujar Erik Setyo Santoso, S.T.,M.T., Ketua MWA UM ketika memberikan sambutan.

Penandatanganan berita acara serah terima jabatan Rektor UM

“Besar harapan kami, 5 tahun kedepan di bawah nahkoda Prof. Hariyono, nama UM terus berkibar diseluruh antero negeri ini. Majelis Wali Amanat, ketika memilih Rektor, telah menekankan harapan tentang UM 5 Tahun ke depan, yaitu: Menjadi perguruan tinggi unggul dan rujukan bidang kependidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan humaniora. UM kini telah memiliki beberapa kekuatan yang merupakan pondasi yang kuat untuk melompat ke depan. Kekuatan tersebut diantaranya adalah keunggulan riset, berbagai program studinya telah mendapat akreditasi internasional, serta telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi internasional. Selain itu kita punya Rektor baru, dengan rekam jejak yang sangat baik, yang bersemangat untuk memimpin UM lima tahun ke depan menuju Universitas yang unggul,” lanjut Ketua MWA.

Dalam kesempatan yang bersejarah ini, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., juga turut menyampaikan sambutan. “Meski saat ini telah memperoleh banyak prestasi, saya yakin 5 tahun kedepan UM akan semakin sukses. UM yang kini telah berstatus menjadi PTN-BH memiliki kekuasaan penuh atas tatakelola maupun pengambilan keputusan. Serta harus mampu melakukan kerja sama dengan para pemangku kepentingan dengan tata kelola yang baik, disamping itu juga wajib mengelola dana yang diberikan oleh pemerintah dengan misi tertentu secara akuntabel. Akuntabilitas tidak hanya terkait dengan keuangan, namun juga akuntabilitas secara akademik dimana hasilnya merupakan kinerja dari PTN-BH secara utuh dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi,” ungkap Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd.

Menanggapi harapan dari MWA dan pesan dari Prof. Rofi`uddin, dalam sambutannya, Prof. Hariyono menyatakan siap untuk mewujudkan semuanya dengan meningkatkan kualitas UM dalam segala dimensi untuk 5 tahun kedepan.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.