image_pdf
Kontingen PIMNAS ke-35 UM

Malang. Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd lepas 20 tim yang akan berkompetisi di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35. Pelepasan ini dilaksanakan di lantai 9, Gedung Graha Rektorat UM pada Minggu (27/11). Tak hanya Rektor UM, sejumlah pejabat UM seperti Wakil Rektor 1, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Tim Penalaran UM, Dosen Pembimbing beserta tim juga turut hadir dalam acara pelepasan tersebut.

Pada PIMNAS 2022, UM mengirimkan sebanyak 20 Tim yang berasal dari berbagai fakultas. Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) dan Fakultas Teknik (FT) masing-masing  berhasil mengirimkan lima Tim. Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) masing-masing mengirimkan dua Tim. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) mengirimkan tiga Tim, dan Fakultas Sastra (FS), Fakultas Ekonomi (FE), serta Fakultas Psikologi (FPsi) masing-masing mengirimkan satu tim.

Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., selaku Ketua Tim Penalaran UM mengungkapkan bahwasanya proses persiapan Tim menuju PIMNAS 2022 sangatlah panjang. Persiapan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih selama satu tahun. “Proses untuk sampai pada tahap ini cukuplah panjang dan sedikit rumit. Kami harus memulai tahapan dari sosialisasi Pekan Kewirausahaan Mahasiswa (PKM),  lalu melakukan seleksi tingkat fakultas dan universitas,  hingga pada proses monitoring dan evaluasi,” ungkap Dr. Heny.

Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd lepas 20 tim yang akan berkompetisi di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35

Sebelum itu, terdapat 28 PKM yang telah lolos dalam tahap pendanaan. Dengan demikian, UM berhasil menerobos masuk ke dalam 17 Besar perguruan tinggi dengan kelolosan Tim PKM terbanyak pada PIMNAS ke-35. UM berhasil menduduki peringkat ke 5 Nasional dalam PKM 8 Bidang. Hal tersebut merupakan suatu anugerah yang luar biasa bagi UM. Itu menjadikan Dr. Heny tak ragu dalam menargetkan UM untuk lolos 3 besar PIMNAS ke-35.

“Pada ajang PKM, UM telah berada pada posisi Liga Satu atau Klaster Satu nasional. Hal tersebut dikarenakan UM telah bersanding dengan kampus-kampus gajah seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Saya yakin UM mampu dan siap untuk bersaing di PIMNAS 35 ini,” pungkas Dr. Heny. 

Pewarta: Mega Tri Utami – Internship Humas UM