image_pdf
Para peserta seminar NVIVO

Malang. Dalam rangka membantu pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 Universitas Negeri Malang (UM) berkomitmen untuk memberikan edukasi yang berkualitas baik bagi para mahasiswa ataupun dosen dari rumah masing-masing. Salah satunya adalah melalui Webinar yang dilaksanakan secara teratur oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Diantara banyak Webinar tersebut adalah webinar Pemanfaatan NVivo untuk Review Literature dan analisis data kualitatif yang diinisiasi oleh Pusat Pendidikan LP2M UM.

Webinar ini dilaksanakan secara berseri dengan empat kali pertemuan, yaitu pada: 12, 17, 24, dan 26 Juni 2020. Diikuti oleh para dosen dan mahasiswa UM dengan total 433 peserta, webinar ini diisi oleh para pemateri yang sudah bergelut dengan NVivo sejak lama mereka adalah: Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd dosen Jurusan Sastra Indonesia, Ani Wilujeng Suryani, S.E, M. Acctg.Fin, Ph.D dosen Jurusan Akuntansi, Rifka Fachrunnisa, M.Ed Dosen Tetap Jurusan Biologi, Dr.H. A. Supriyanto, M.Pd; M.Si Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan, dan Imbalan Zakaria, M.Pd. Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

NVivo sendiri adalah perangkat lunak untuk pengembangan, dukungan, dan manajemen analisis data kualitatif yang fungsi utamanya adalah untuk melakukan koding data dengan efektif dan efisien. Dalam sambutannya Ketua LP2M UM Prof. Markus Diantoro M. Pd berharap semua peserta mengikuti Webinar ini dengan maksimal. “memang NVivo ini adalah salah satu alat, namun jika sudah mengasainya kita bisa mempelajari aplikasi yang lain untuk menguatkan data kita, kami berharap di akhir setiap sesi panitia mengajak para peserta untuk membuat semacam Best Pratice dari datanya masing-masing untuk kemudian disusun menjadi sebuah buku” ungkap salah satu guru besar FMIPA UM ini.

Melalui Webinar ini, seluruh peserta diajari cara mengoperasikan NVIVO mulai dari cara memasangnya di komputer, pencarian artikel jurnal dan Import ke Mendeley, proses koding, hingga cara mereviu hasil koding. Kepala Pusat Pendidikan LP2M UM mengungkapkan bahwa NVivo dapat membantu mahasiswa menyelesaikan skripsi, teris atau desertasinya di masa pandemi ini. Karena data penelitian yang harus diambil di lapangan –data tetang proses pembelajaran di kelas misalnya—bisa dilakukan melalui aplikasi NVivo ini. “Tujuan utamanya adalah agar para mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan perangkat lunak berupa aplikasi NVivo untuk melakukan reviu artikel atau kajian pustaka. Pelatihan daring ini adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan selama menjalani program bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah.” Ungkapnya.

Pewarta: Arya Wahyu Pratama                       -Internship Humas UM