image_pdf
Peserta Webinar

Malang. Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama dan Kuliah Universiter (P2KBKU) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Webinar Rohani Agama Katolik. Webinar yang disiarkan dari studio LP3 UM Gedung H7 lantai 2 ini diikuti oleh 315 praktisi dan pengamat pendidikan katolik serta mahasiswa katolik dan umat katolik dimanapun berada.

Acara yang dilaksanakan pada hari Jumat (03/07) ini mengangkat tema “Spiritualitas Kristiani di Era Digital”. Adapun pemateri dalam webinar ini adalah:  Rm. Andreas Dedy P., O. Carm, MDp Praktisi Media dan Direktur Carmel Vision, dan N. Bambang Revantoro, S. T., M. T Dosen Pengampu Matakuliah Manajemen Inovasi Fakultas Teknik UM.

Peserta Webinar sangat antusias

Mewakili Ketua LP3 UM, Dr. Hardika M, Pd selaku sekretaris LP3 mengungkapkan bahwa tema yang diangkat dalam wabinar kali ini sudah tepat. Karena era digital menjadi tonggak yang menghiasi kehidupan kita. “era digital ditandai dengan adanya piranti cerdas, perangkat cerdas, simpel, cepat, siapa cepat siapa menang, juga ditandai dengan komunikasi virtual” ungkapnya. “Disamping pesatnya perkembangan era digital tersebut, bisa jadi banyak diantara kita yang lupa akan tugas utama yaitu meningkatan ketakwaan, sehingga tema ini sangat bagus karena bisa mengingatkan kita” lanjutnya.

Di sesi inti, Rm. Andreas Dedy pemateri yang menyampaikan materi bartajuk “Spiritualitas Kristiani di Era Digital” menyampaikan bahwa dunia digital dapat menjadi medan perjumpaan iman, berbagi kebenaran harapan iman dan kasih. Lanjutnya, ia menyampaikan 5 poin kearifan dalam aneka nilai yang berbaur nyaris tanpa batas, yaitu: 1) memfokuskan diri pada hal yang positif, 2) perlunya meneliti batim dan kedisiplinan rohani, 3) tahu batas, tahu berhenti, 4) tetap punya sikap lepas bebas, dam 5) memohon bimbingan Roh Kudus.

Penyampaian materi dari Narasumber

Sementara itu, Drs. N. Bambang Revantoro pemateri selanjutnya yang menyampaikan materi bertemakan “Aktualiasasi Amanat Yesus Kristus di Era Digital dengan Pendekatan Design Thinking” mengungkapkan bahwa Design Thinking adalah salah satu metode baru dalam proses desain. “metode ini merupakan metode penyelesaian masalah yang berfokus pada pengguna atau User” ungkapnya.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama                        –Internship Humas UM