image_pdf

Jakarta. Gebyar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 sukses dilaksanakan pada Senin-Minggu (7-13/10). Dalam pperhelatan yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia ini ditampilkan berbagai kebudayaan khas antara lain permaian tradisional, makanan tradisional sampai tarian tradisional daerah di Indonesia ditampilkan. Bertempat di Istana Olahraga (Istora) Senayan, Jakarta ini menyedot perhatian berbagai elemen masyarakat ibukota untuk menyukseskan acara ini. Tema PKN 2019 adalah “Indonesia Bahagia” yang mempresesntasikan salah satu lirik dari Indonesia Raya. Dengan seperti itu diharapkan orang Indonesia bangga akan Kebudayaan dan tradisi leluhur Nusantara.

Universitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu Universitas ternama di Indonesia tidak luput menyukseskan acara ini, dimana ada 2 mahasiswanya terpilih sebagai panitia yaitu Nuri Riskian dan Utari Nur Rahmadhanty dan 1 tim yang mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Ayadub” yang beranggotakan Aprillia maya puspita, Imroatul Karimah (Sastra Inggris 17), Tenty Luay Sari, Muhammad Yazid Al fikri (Teknik elektro 17).

Utari Nur Rahmadhanty mahasiswa PLB UM tahun 2016 mengungkapkan kebanggaannya karena menjadi bagian dalam acara ini.

“Senang rasanya bisa berpartisipasi di kegiatan ini sebab banyak ilmu yang didapatkan terutama saat konfrensi banyak ilmu dari orang hebat dari menciptakan inovasi baru hingga mempertahankan budaya budaya yang semakin jarang terlihat. PKN ini harapannya kita lebih bangga lagi dengan Indonesia serta tidak melupakan budaya kita,” ujarnya.

Banyak sekali penampil dalam acara ini mulai dari Didi Kempot, Danila, Glen Fredly, NDX AKA dan banyak lagi yang lainnya. Penutupan dilaksanakan pada hari minggu dengan pawai seluruh provinsi di Indonesia yang menampilkan berbagai kebudayaan asli daerah yang sangat menarik.

Pewarta           : Nuri Riskian – Internship Humas UM