image_pdf

M. Zaky Arrosyidi dan Sawabila Irfana merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang (UM) yang berhasil meraih juara pertama dan harapan pertama dalam cabang Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 3 juz kategori Mahasiswa. Ajang ini dimulai dengan penyisihan secara daring pada tanggal 15 Februari 2024 dan dilanjutkan dengan Final yang digelar pada Minggu, 3 Maret 2024 secara tatap muka di Kementerian Agama Kota Malang. Prestasi gemilang ini tidak hanya diapresiasi dengan piala dan sertifikat, tetapi juga dengan hadiah yang istimewa. Zaky berhak mendapatkan hadiah Umrah, sebagai penghargaan atas prestasinya dalam kompetisi tersebut.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, Zaky dan Sawa menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam mempersiapkan diri dan menguasai setiap ayat Al-Quran. Keberhasilannya menjadi kebanggaan bagi dirinya, keluarganya, dan juga bagi UM.

Dalam wawancara, Zaky menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang luar biasa ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, terutama orang tuanya yang selalu mendoakan kesuksesannya. “Alhamdulillah, saya sangat bahagia dan tidak menyangka karena dalam musabaqoh kali ini diikuti banyak peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Mungkin ini berkat dukungan dan doa, teman, pembina, dan juga doa ibu saya,” ucap Zaky.

Dalam mempersiapkan perlombaan, Zaky melakukan murojaah mandiri dan pembinaan di Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Quran Study Club (UKM ASC). Ia juga menceritakan perjuangan murojaah atau hafalan di atas sepeda motor ketika bepergian ke kampus. Terakhir, Zaky pun juga berterima kasih kepada pihak UM yang senantiasa mendukung dan mendorong mahasiswa untuk meraih prestasi di setiap ajang kompetisi secara maksimal dan totalitas.

Muhammad Fery Fauzi, S.Pd., M.Pd.I., sebagai Pembina Khafilah MTQ UM, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi Zaky. Beliau menegaskan komitmen UM dalam mendukung pengembangan spiritualitas mahasiswanya. Beliau juga berharap bahwa keberhasilan ini akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengejar prestasi dalam berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik. Beliau mengungkapkan, “Ada dua mahasiswa yang mengikuti perlombaan tersebut, yaitu Zaky Arrosyidi dan Sawabila Irfana. Untuk persiapan, kampus telah mendukung mereka sejak awal masuk, karena keduanya masuk UM melalui jalur mandiri prestasi. Mereka telah disiapkan sebagai ajang besar, yakni MTQMN.” Selain itu, beliau juga menambahkan, “Sawabila Irfana juga turut memperoleh prestasi dengan menjadi harapan pertama dalam ajang tersebut. Dengan adanya dukungan dari UM, diharapkan prestasi seperti ini akan semakin meluas di seluruh mahasiswa.”

Fery juga menginformasikan bahwa Zaky adalah mahasiswa yang memiliki potensi dan semangat belajar yang tinggi. Selain itu, ia juga aktif mengikuti berbagai lomba di bidang keal-qur’an. Salah satu prestasi terbarunya adalah masuknya dalam Kafilah MTQ Jawa Timur.

Sawabila, sebagai peserta yang juga menorehkan prestasi dalam ajang tersebut, menyampaikan rasa syukurnya atas raihan juara dan bisa membawa nama baik UM di kancah Nasional. “Alhamdulillah, saya bisa membawa nama baik UM di mana pun tentunya,” ucapnya. Sama seperti Zaky, sebelum lomba, Sawabila telah mempersiapkannya secara konsisten. Sawabila istiqomah setiap hari selalu murojaah. Sawabila pun berharap semoga kedepannya akan banyak bahkan ribuan prestasi yang bisa diraih sehingga dapat membanggakan UM di bidang Al-Qur’an di mana pun dan kapan pun.

Pewarta : Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM