image_pdf
Sesi foto bersama dengan dosen

Malang. Dalam rangka menengahi isu-isu gender terkini dan memaparkan betapa pentingnya edukasi tentang gender sejak dini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kuliah tamu dengan tema “Gender dan Pembelajaran”. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis 14 November, bertempat di Aula Graha Rektorat Lantai 9 tersebut dihadiri oleh mahasiswa S1 hingga S3 Fakultas Sastra UM dan Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota malang. Isu gender yang hadir di tengah-tengah masyarakat perlu adanya solusi dalam menanggapinya.

Kuliah tamu dibuka oleh moderator

Lantaran hal tersebut, penyelenggara menghadsesi foto bersama dengan dosenirkan narasumber yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya yaitu Prof. DR. NIK Maheran NIK Muhammad selaku Senior Director, Universitas Malaysia Kelantan dan Dr. Azizatus Zahro, S.Pd, M. Pd selaku Kepala Pusat Gender dan Kesehatan LP2M.

Kedua narasumber tersebut membawakan 2 materi yang berbeda namun relevan terhadap isu gender masa kini. Materi yang disampaikan oleh pembicara pertama berjudul Gender Responsive Education dan untuk materi selanjutnya yang disampaikan oleh pembicara kedua yaitu Perspektif Gesi dalam Pembelajaran.

Pemberian cinderamata oleh LP2M kepada pemateri

Prof. DR. Nik Maheran Nik Muhammad menyampaikan bahwa Gender bukan hanya membahas tentang perempuan saja namun juga membahas laki-laki didalamnya. Dia juga menuturkan bahwa kesetaraan gender di Malaysia sudah berlaku sejak lama. Harapannya, dengan pembahasan isu gender ini dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik dengan menyeimbangkan porsi laki-laki dan perempuan sebagaimana mestinya.

Penyampaian materi oleh Prof. Dr. Nik Maheran Nik Muhammad

“Indonesia dan Malaysia merupakan 2 negara Islam yang tidak jauh berbeda, hanya saja dalam hal kesetaraan gender, Malaysia sudah mulai menerapkan hal tersebut sejak lama. Dalam hal ini, Malaysia meyakini bahwa banyaknya kuantitas dan tingginya kualitas wanita di Pemerintahan dapat menaikkan pendapatan perkapita/tahun. Namun di sisi lain, wanita yang bekerja dari rumah dan dapat merawat anaknya dengan baik juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan sebagai tugas utama seorang ibu.”tuturnya.

Di penghujung acara, acara ditutup dengan pemberian cinderamata dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Pewarta : Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM