image_pdf

Para alumni Universitas Negeri Malang (UM) dari berbagai penjuru di Indonesia bersemangat hadiri Musyawarah Nasional Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) 2023 pada Sabtu (09/09/2023). Bertempat di Aula Lantai 9 Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20, kegiatan tersebut mengusung tema “Mendorong Kompetensi Membangun Kolaborasi”. Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. didampingi dengan ketua umum beserta segenap pengurus IKA UM. 

Musyawarah Nasional IKA UM 2023 bertujuan untuk memaparkan laporan pertanggungjawaban pengurus IKA UM 2019-2023, meninjau kembali AD/ART IKA UM, membentuk pengurus baru, dan membahas berbagai program kerja, seperti: beasiswa bagi mahasiswa UM, pemberdayaan alumni, dan aksi pengabdian kepada masyarakat. 

Pelantikan pengurus IKA UM

Mengawali sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.  mengungkapkan untuk senantiasa merawat persatuan dan kesatuan antar alumni terutama dalam melaksanakan musyawarah nasional.

“Kami memberikan dukungan sepenuhnya terhadap jalannya Musyawarah Nasional IKA UM 2023 agar berjalan lancar tanpa dominasi salah satu pihak atau golongan tertentu sehingga benar-benar dapat memilih figur pengurus yang tepat demi memajukan almamater tercinta,” ungkapnya.

Menyambung pernyataan sebelumnya, Prof. Dr. Hariyono berpesan agar alumni selalu menjaga nama baik almamater UM dimanapun berada sesuai dengan kapasitas masing-masing.  

“Kami berpesan kepada seluruh alumni untuk senantiasa menjaga nama baik bahkan membanggakan almamater, karena eksistensi dan reputasi UM tidak lepas dari andil para alumni,” sambungnya. 

Puncak Musyawarah Nasional 2023 terjadi saat pemilihan pengurus baru untuk periode berikutnya. Proses pemilihan dilakukan dengan transparan dan demokratis melibatkan seluruh peserta. Setelah melalui musyawarah mufakat, Prof. Dr. Soeparno kembali terpilih menjadi Ketua Umum IKA UM 2023-2028.

Di sela-sela kegiatan musyawarah nasional, Penasehat IKA UM Drs. H. Murdibjono, M. A. tak lupa memberi apresiasi terhadap segenap pengurus atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama ini. 

 “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pengurus IKA UM yang rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, bahkan materi untuk bersama-sama membangun ikatan alumni yang solid dan loyal,” tuturnya. 

Bersamaan dengan musyawarah nasional, pengurus IKA UM juga meluncurkan Kartu Tanda Anggota Digital yang terintegrasi dengan Simfoni (Sistem Informasi Alumni) IKA UM.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah