image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) terus berupaya dalam meningkatkan kualitas prestasi mahasiswa di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Pada Rabu (21/8) pihak UM menyelenggarakan pelepasan kontingen PIMNAS UM di Aula Graha Rektorat UM Lt. 9. Ada Sembilan tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Kemenristekdikti untuk berkompetisi di ajang PIMNAS yang diadakan pada 27-31 Agustus di Universitas Udayana. Selain berkompetisi, tim PIMNAS UM juga akan mempresentasikan hasil karya masing-masing produk untuk menambah investasi finansial.

Prof. Dr. H. Ah. Rofiuddin, M.Pd. selaku rektor UM memberikan apresiasi kepada perwakilan PIMNAS UM melalui sambutannya.

“Pihak UM selalu mengapresiasi kinerja mahasiswa UM untuk berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Selain itu, UM juga memfasilitasi program penelitian dengan skala nasional maupun internasional untuk tenaga pendidikan agar dapat bersaing di kancah asia maupun internasional. Setiap tahun, UM memilih pembimbing untuk membantu kondisi psikologis mahasiswa selama berkompetisi  ” Ujarnya.

Pimnas ke-32 tahun 2019 terbagi menjadi 5 bidang PKM antara lain PKM-PSH (Penelitian Sosial Humaniora), PKM-PE (Penelitian Eksakta), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-K (Kewirausahaan) dan PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat).

Banyak Inovasi yang dihasilkan oleh Mahasiswa UM salah satunya kreatifitas pengajaran Bahasa Inggris untuk anak tunarungu berbasis aplikasi. Inovasi tersebut dipilih karena melihat keprihatinan penyandang tuna rungu yang kurang percaya diri untuk menempuh pendidikan formal. Selain berbasis aplikasi, juga ada metode pengajaran berbasis isyarat terutama dalam pronouncacion (pelafalan) untuk memperlancar komunikasi. Walaupun banyak kendala yang dihadapi, tim mahasiswa UM tetap antusias dan optimis dalam menjalani program tersebut.

“Semoga, UM menjadi kampus yang unggul dalam kompetisi PIMNAS tahun ini dan mendapatkan medali emas untuk semua kategori PKM ,” Ungkap Risa.

Penulis : Said Maulana Ibrahim – Internship Humas UM