image_pdf

Malang. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Negeri Malang (UM) menggelar event kepalangmerahan “Jayapalmera (Jumpa Karya Palang Merah Remaja) X” tingkat PMR Wira se-Indonesia. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yakni Jumat-Minggu (2-4/08) di lingkungan kampus pusat UM. Perlombaan tersebut diikuti oleh 39 tim dengan rincian 312 peserta.

Event yang diselenggarakan 4 tahun sekali tersebut adalah event besar yang telah ditunggu PMR Wira se-Indonesia. Tema yang diangkat pada Jayapalmera kali ini adalah Satukan Perbedaan Melalui Gelar Cipta Kreasi dalam Meningkatkan Solidaritas dan Kreatifitas Kepalangmerahan.  

Terdapat dua lingkup lomba, jelas Rofiatul Uzza selaku ketua pelaksana, yakni lingkup travelling dan non travelling. Dalam lingkup travelling terdapat 4 cabang lomba diantaranya Pertolongan Pertama, Sanitasi Kegiatan, Kesiapsiagaan Bencana, dan Pendidikan Remaja Sebaya.

“Sedangkan lingkup non travelling diantaranya adalah Olympiade, Gebyar seni, foto contest,  dan melukis kaos. Kesemua cabang lomba itu bertema kepalangmerahan,” tambahnya.

Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd membuka secara resmi kegiatan tersebut pada Jumat (02/08) di lapangan A2 UM. Ia menyampaikan bahwa UM sangat peduli terhadap kegiatan-kegiatan yang bernuansa pembinaan terhadap generasi muda, karena baginya jika generasi mudanya terbina dengan baik maka akan memunculkan suatu bangsa dan negara yang kuat. Ia pun mengutip tribakti kepalangmerahan yang diucapkan oleh petugas sebelumnya.

“Pertama, bagaimana kita dapat meningkatkan kadar kesehatan pribadi kita masing-masing. Jika kondisi tubuh telah sehat, bhakti kedua adalah berkarya. Hanya orang-orang sehatlah yang bisa berkarya dengan baik. Kemudian, bhakti ketiga adalah pengabdian masyarakat. Bagaimana anda dapat bermakna bagi lingkungan anda, dapat berkegiatan sosial, menyumbangkan seluruh karya dan kinerja anda bagi kemashlahatan umat,” ujarnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM