image_pdf

Selasa, 16 Januari 2024, Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menyelenggarakan workshop mengenai  Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Workshop ini diadakan secara hybrid, peserta workshop banyak yang mengikuti secara online melalui zoom dan juga menghadiri acara secara langsung di Aula Sekolah Pascasarjana lt. 9. Acara workshop ini terselenggara dengan baik yang dimulai dari pukul 08.00 WIB.

Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada dosen-dosen Dikdas dan PKJ serta mahasiswa (S2 dan S3) mengenai penelitian yang dapat diraih untuk pendanaan di luar UM. Dalam wawancara, Ketua Program Studi Pendidikan Dasar Program Magister dan Program Doktor Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si menjelaskan terkait tujuan pelaksanaan workshop. “Tujuan pelaksanaan workshop ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang penelitian yang dapat diraih untuk pendanaan luar UM, mendapatkan pengetahuan tentang trik-trik meloloskan proposal penelitian, serta mendorong capaian perolehan penelitian dosen, dosen-mahasiswa, dan mahasiswa”, ujar Prof. Toto

Langkah berikutnya yang dilakukan adalah mendorong penyusunan proposal baik dari dosen maupun mahasiswa. Sebelum proposal dikirimkan, dilakukan coaching clinic untuk menyempurnakan proposal agar dapat lolos didanai. Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si menegaskan ke-seriusan SPs (Pascasarjana) dalam mendorong penelitian dosen dan mahasiswa. Selain dana luar dan dana UM, SPs menyediakan dana internal sebagai katalisator terlaksananya penelitian pada dosen dan mahasiswa. Skema penelitian senantiasa melibatkan mahasiswa, untuk terjadinya transfer of knowledge kepada mereka.

Dalam konteks perkembangan dunia Pendidikan Dasar, Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si menyampaikan perhatian prodi terhadap tren perkembangan dalam bidang tersebut. Sebagai respons, perubahan kurikulum dilakukan baik di tingkat prodi magister maupun prodi doktor. Perubahan tersebut mencakup sisi isi kurikulum (mengikuti tren, mengakomodasi isu-isu terkini, perkembangan teknologi, dll) dan proses pelaksanaan (peningkatan kapasitas pengajar, desain implementasi kurikulum yang memungkinkan mahasiswa menyelesaikan dengan cepat). Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si menjelaskan bahwa langkah-langkah tersebut tidak hanya dilakukan melalui studi literatur, tetapi juga melalui penelitian dan pengabdian masyarakat untuk memastikan relevansi dan efektivitasnya.

Pada workshop ini, turut mengundang Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S,Pd. M.Si sebagai pembicara. Beliau membahas berbagai aspek penting dalam penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mulai dari sistematika penulisan, tips dan trik penyusunan proposal yang menarik dan berkualitas, serta contoh proposal yang berhasil lolos pendanaan.

Peserta workshop antusias mengikuti kegiatan ini. Beragam pertanyaan muncul dari peserta baik dari peserta yang datang secara langsung maupun melalui zoom secara daring.

Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S,Pd. M.Si berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengajak para peserta untuk mau mambuat proposal penelitian serta meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas baik.

Pewarta: Tim SPs Universitas Negeri Malang

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM

Perbaruhi wawasan Anda dengan sajian informasi kami di media kami berikut ini:

■ Laman Resmi UM https://www.um.ac.id/
■ Simaba UM (Seleksi Mahasiswa Baru) UM https://seleksi.um.ac.id
■ Channel Youtube Resmi UM https://bit.um.ac.id/YTUM
■ Handle: https://youtube.com/@UM-UniversitasNegeriMalang
■ Youtube Community: https://bit.um.ac.id/KomunitasYTUM
■ Twitter Resmi UM https://bit.um.ac.id/TweetUM
■ Halaman Facebook Resmi UM https://bit.um.ac.id/FbUM
■ Instagram Resmi UM https://bit.um.ac.id/IGUM
■ TikTok Resmi UM https://bit.um.ac.id/vtum