image_pdf

Malang. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) datang ke Universitas Negeri Malang (UM) dalam acara penerimaan benchmark dan pengelolaan kerjasama (10/07). Kegiatan yang berlangsung di ruang sidang rektor graha rektorat lt.8 tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. bagian humas, kerjasama, hubungan intenasional, keuangan UM dan pihak yang terlibat. Sementara dari pihak UNESA ada sembilan orang yang datang.

Rangkaian acara pertemuan antara UM dengan UNESA kali ini diawali dengan sambutan oleh Wakir Rektor IV yang menjelaskan secara singkat kerjasama yang dilakukan di UM dan dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab. Dijelaskan juga bawa UM melakukan kerjasama dengan pemerintah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi, dunia industri di dalam negeri maupun luar negeri.

Mengawali diskusi Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si. menyampaikan tujuan kedatangan UNESA ke UM dan memulai diskuai terlebih dahulu.

“Tujuan kami kesini yaitu melakukan benchmark dan pengelolaan kerjamasama di dalam negeri maupun luar negeri yang ujungnya nanti kami memperoleh informasi. Kalau kerjasama itu nanti ujung-ujungnya ada pertanggungjawaban dan disitu pasti ada pengendali. Kami menanyakan seperti apa pengeloolaan kerjasam di UM mulai dari pertanggungjawaban keuangan  sampai dengan pelaporaannya,” ujarnya.

Dari pertanyaan pembuka tersebut, Ibrahim Bafadal menyampaikan bahwa UM mempunyai skema kerjasama.

“Ada delapan jenis kerjasama yang dilakukan UM diantaranya: 1. Peningkatan partisipasi pendidikan, 2. Peningkatan kualitas pendidikan, 3. Penelitian, 4. Pengabdian masyarakat, 5. Publikasi ilmiah, 6. Pengembangan SDM, 7. Pengembangan infrastruktur, 8. Melayani pengembangan masyarakat. Seluruhnya melalui tahapan MoU dan PKS,” ujarnya.

Disampaikan Titin Sulastinah, S.E. selaku Kepala Bagian KeuanganUM bahwa harga satuan yang digunakan UM yakni Standar  Biaya Masuk (SBM). Diskusi berlanjut sampai dengan sharing pengalaman dari pihak UNESA dan dilanjutkan dengan penyerahan cideramata dari UM dan foto bersama.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Riki Pratama – Internship Humas UM