image_pdf

Kabar membanggakan kembali diukir oleh civitas akademika Universitas Negeri Malang (UM). Prestasi kali ini datang dari ketiga program studi (prodi) di UM, yaitu Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), dan Pendidikan Matematika dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Ketiga prodi ini berhasil memperoleh dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024. Pemberitahuan terkait perolehan dana PKKM 2024 diumumkan pada Jum’at (02/02/2024), kemudian dilanjutkan dengan verifikasi kelayakan pada 22-24 Februari 2024.

Kepala Program Studi (Kaprodi) DKV UM, Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn turut berbangga, “Atas nama prodi DKV, saya merasa senang dan bangga. Hal ini merupakan sebuah kehormatan serta kebanggan bagi kami prodi DKV karena dapat memberikan dampak pada pembelajaran.”

Dana hibah PKKM adalah bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU). Tentu hal ini bukanlah perkara yang mudah bagi masing-masing prodi, mulai dari tahap persiapan untuk bersaing dengan kampus dari seluruh Indonesia hingga tembus memperoleh hibah dana PKKM 2024. 

Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn, menceritakan sedikit perjuangannya dalam menyiapkan PKKM tahun ini. “Kami di prodi DKV sudah lama mempersiapkannya. Tahun 2023 yang lalu, kami mengusulkan proposal PKKM ini namun masih belum berhasil. Kemudian kami melakukan perbaikan-perbaikan dan memasukkan gagasan yang terbaru pada proposal untuk tahun 2024 dan alhamdulillah tahun ini, kami berhasil masuk sebagai penerima hibah bersama 2 prodi lainnya (PTB dan Pendidikan Matematika) di UM. Secara umum kami melakukan koordinasi terkait visi misi besar prodi DKV dan membuat bridging dengan MBKM. Selain itu kami juga melakukan audiensi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), salah satu mitra kami untuk mengumpulkan insight dan gagasan-gagasan terkini terkait kegiatan MBKM,” jelasnya.

“Hambatan umum sejauh ini kami sempat mengalami kendala saat audiensi karena waktu itu harus menyelaraskan jadwal dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk pertemuan secara daring dan kendala dalam pengunggahan disistem. Namun dengan dibantu oleh LPPP UM, Alhamdulillah kendala terselesaikan,” ungkap Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn

Prodi DKV memfokuskan program kegiatan untuk PKKM 2024 ini untuk mewujudkan “Tri Bina Cipta-MBKM” yang ditetapkan sebagai tujuan peningkatan performa prodi dengan upaya mewujudkan kompetensi bagi mahasiswa dengan fokus kompetensi Designer, Researcher dan Creativepreneur. Adapun kegiatannya yakni melalui pembelajaran berbasis proyek dengan praktisi mengajar, visiting lecture, magang profesional, serta peningkatan kompetensi dosen untuk pengembangan “Teaching Industry” di DKV ke depannya.

Kaprodi DKV UM ini tidak lupa menitipkan pesan kepada para mahasiswa dan harapannya, “Semoga dapat memanfaatkan penuh fasilitasi yang dilaksanakan dari program PKKM ini dan mengikuti kegiatan yang direkomendasikan. Dana hibah PKKM 2024 ini merupakan support pengembangan kualitas Prodi DKV yang dapat berpengaruh secara signifikan kedepannya, khususnya pada peningkatan kompetensi para mahasiswa dan dosen. Oleh karena itu, semoga Program PKKM ini terus berkelanjutan dan semoga Prodi DKV dapat melaksanakan program lanjutan di tahun berikutnya.”

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM