image_pdf

Malang. Sebagai upaya untuk mencari figur dalam mempromosikan kampus, Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar ajang prestisius. Ajang Grand Final Duta Kampus 2019 dan Ormawa of The Year diselenggarakan pada Rabu malam (17/10) di Graha Cakrawala UM. Kegiatan tersebut berhasil mengundang banyak penonton sebanyak 1500 orang dari berbagai kalangan. Pada malam penganugerahan itu, terlihat suasana penonton semakin riuh karena penampilan spesial Guest Star Sonia Fergina Citra dari Putri Indonesia 2018.

Dr. Mu’arifin, M. Pd selaku Wakil Rektor III UM memberikan pujian dan apresiasi melalui sambutannya.

” Pemilihan duta kampus merupakan ajang tahunan yang mana akan mencetak generasi baru dalam bidang protokoler. Pihak kampus sebagai fasilitator selalu memotivasi dan mengapresiasi apapun prestasi yang dimiliki mahasiswa UM. Ajang ini tidak hanya mencari good looking saja tapi juga mencari potensi baru. Berkenaan dengan acara Ormawa of The Year, kami menghimbau agar Ormawa akan menjadi organisasi yang ideal dan berdampak positif untuk kampus”

Pada babak top 5, finalis duta kampus memberikan speech tentang pendidikan di Indonesia. Para finalis diharapkan mampu menjadi solusi sekaligus menjadi contoh sebagai duta kampus yang memiliki moral yang baik dan budi pekerti luhur. Salah satu finalis duta kampus, Mayang Azizah memberikan speech  di sesi top 5 tentang permasalahan konkrit pendidikan karakter.

“ Pelajar di Indonesia saat ini masih minim dalam pendidikan sopan santun terhadap seorang guru. Hal ini karena masih banyak pelajar yang masih belum memahami karakter pribadinya. Membangun pendidikan berkarakter sama dengan membangun pondasi rumah. Pendidikan karakter semestinya sudah diterapkan sejak usia dini supaya anak dapat peduli dengan lingkungannya. Kunci kesuksesan dalam membangun pendidikan karakter harus didukung dari lingkup orang tua, sekolah dan lingkungan masyarakat berdasarkan budaya dan adab nusantara.

Kegiatan ini diselingi dengan penampilan Paduka Model dengan beragam corak, motif batik dari para desainer. Pada kategori gelar duta favorit diraih oleh Mario Ahmad Aprilian dan Tasya Putri, sedangkan untuk Best Talent diraih Muhammad Taqiyuddin dan Dewi Maskulin. Kategori Runner Up 2 diraih oleh Ramadhan Amal Fikri dan Salma Hanin, sedangkan untuk Runner Up 1 diraih oleh Sultan Rafi Arizandy dan Mayang Azizah.

Saat malam puncak berlangsung, Nahla Vadaq dan Nararya Pramjana melakukan prosesi penobatan duta kampus kepada The Winner Muhammad Viga Satria dan Nyie Masayu Nanda

Penulis : Said Maulana Ibrahim – Internship Humas UM