image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) senantiasa berusaha melakukan kegiatan produktif dengan berbagai proses adaptasi ditengah kondisi pandemi yang belum usai, demi terselenggaranya kegiatan bergengsi bagi mahasiswanya yang berupa Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UM 2022. Dilaksanakan pada Rabu (30/03) secara luring di Graha Cakrawala UM dan daring melalui live youtube UM Official dan Zoom

Grand final Pilmapres UM adalah puncak dari rangkaian seleksi Pilmapres UM yang diawali dengan pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat fakultas. lalu Sebanyak 25 nominator mahasiswa berprestasi (Mawapres) yang telah terpilih untuk mewakili fakultas masing-masing baik dari program sarjana maupun diploma mengikuti tahapan seleksi pada grand final ini. Selanjutnya akan dipilih 10 nominator untuk melanjutkan ke tahap presentasi karya tulis ilmiah. Pada tahap selanjutnya, sebanyak 5 nominator terpilih akan melaksanakan QnA general issue yang pada akhirnya terpilihlah 3 Mawapres program sarjana, 1 Mawapres program diploma, Mawapres terfavorit, dan Mawapres inspiratif. 

Adapun ketiga Mawapres program sarjana adalah Rount Maulero dari Fakultas Sastra (Juara 1), Yongki Teguh Setiaji dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Juara 2), dan Daffa’ Rizal Dzulfaqaar Alauddin dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Juara 3). Mawapres program diploma diraih oleh Icha Sivana Br Bangun dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sedangkan Mawapres Inspiratif diraih oleh Fathandiaz Emirsya Nurwanto dari Fakultas Psikologi dan Mawapres Terfavorit diraih oleh Fitri Ariska dari Fakultas Ilmu Sosial.

Dalam sambutannya, Rektor UM yang diwakili oleh Direktur Kemahasiswaan, Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes, Ph.D menyampaikan Pilmapres UM 2022 dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan UM terhadap prestasi-prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa UM. “Selamat kepada nominator Mawapres UM yang merupakan representasi dari seluruh mahasiswa UM. Setelah terpilih Mawapres program sarjana atau diploma diharapkan dapat mengharumkan nama UM untuk berlaga di program Pilmapres tingkat nasional,” ungkapnya.

Selain itu harapan terpilihnya Mawapres UM 2022 dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa yang lain untuk menjadi inspirasi yang kuat dan dapat mendongkrak mahasiswa lain agar lebih berprestasi di berbagai event nasional maupun internasional.

“Semoga melalui perhelatan Pilmapres ini akan menjadi sumber motivasi bagi kita ke depan. Mengingat UM telah berubah status menjadi berbadan hukum sehingga akan terus meningkatkan prestasi. Sesuai dengan slogan UM excellence in learning innovation,  UM juga excellence pada kegiatan kemahasiswaannya, salah satunya adalah terlaksananya Pemilihan Mahasiswa Berprestasi,” pungkas Hendra.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM