image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat Universitas bertempat di Graha Cakrawala UM. Acara yang diselenggarakan pada Kamis (07/03) ini merupakan ajang bagi mahasiswa berprestasi UM untuk saling menunjukkan potensi terbaiknya. Dengan tagline “Setapak Langkah dalam Meraih Impian Para Insan Cendekia Cakrawala PILMAPRES 2024”, acara Pilmapres ini dihadiri langsung oleh para pejabat UM dan tentunya dimeriahkan oleh seluruh pendukung dari setiap fakultas di UM.

Kegiatan Pilmapres UM  2024 dibuka oleh Kepala Seksi Penalaran, Sodiq, S.AP., M.M., beliau membuka acara dengan penuh semangat. “Menjadi mahasiswa berprestasi tentunya harus memiliki ide menarik, dapat menginspirasi dan ide kreatif. Selamat berjuang, bagi belum jangan berkecil hati teruslah menjunjung sportivitas, ikutilah ajang bergengsi lainya, tetap berinovasi dan tetap berdedikasi terhadap UM dan Indonesia,” ucap Sodiq 

Selanjutnya pembukaan acara dilanjutkan dengan penampilan tari tradisional khas Bali yaitu Tari Bumbungan, sebagai simbolis tarian untuk sambutan acara dan selamat datang. Penampilan Tari Bumbungan ini ditampilkan oleh Ni Luh Putu Elsy yang merupakan pemenang juara 1 Pilmapres program sarjana tahun 2023.

 
Rangkaian penilaian finalis dalam pemilihan Pilmapres UM 2024 dimulai dari tingkat fakultas hingga universitas, sehingga terpilih 27 mahasiswa berprestasi tingkat sarjana dan dua mahasiswa dari tingkat vokasi. Sebanyak 29 finalis tersebut kemudian melewati berbagai seleksi hingga mencapai tahap Pilmapres Camp. Selama Pilmapres Camp, 29 finalis diberikan pembekalan yang komprehensif, termasuk peningkatan wawasan, kemampuan public speaking, bimbingan dalam penulisan karya tulis ilmiah dan berbagai kegiatan lainnya.

Sesi pengenalan setiap finalis, secara apik mengenakan pakaian adat Indonesia. Pada tahap pertama atau first cut dalam grand final 29 finalis diseleksi kembali menjadi 13 finalis terpilih. Pada tahap ini ke-13 finalis akan mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah yang secara garis besar dipaparkan dalam bentuk prototype. Masing-masing finalis merancang karya tulis secara kreatif dan inovatif. Karya tulis ilmiah tersebut membahas mengenai permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Mulai dari analisis masalah, perencanaan, pengembangan hingga penyelesaiannya dengan bidang keilmuan masing-masing finalis, karya tulis tersebut dikemas secara menarik untuk disajikan kepada dewan juri dan hadirin dalam Pilmapres UM 2024. 

Pada tahap selanjutnya, 13 finalis akan diseleksi ke dalam tahap tujuh besar. Pada posisi tujuh besar berhasil diduduki oleh lima mahasiswa berprestasi dari tingkat sarjana dan dua mahasiswa berprestasi dari tingkat vokasi. Pada tahap tujuh besar tersebut disampaikan pertanyaan seputar permasalahan bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan dan sosial. Setiap finalis diberi kesempatan dalam menjawab pertanyaan terbaiknya dalam waktu 30 menit. 

Dari serangkaian tahap seleksi kegiatan Pilmapres UM tahun 2024 tersebut telah menetapkan 

Juara pertama, Pilmapres UM 2024 tingkat sarjana diraih oleh Fina Kharisma dari Fakultas Matematika dan Ipa, Juara kedua diraih oleh Arif Nur Prasetyo dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Juara ketiga diraih oleh Farika Riskiyah dari Fakultas Sastra. Tingkat Vokasi, juara pertama diraih oleh Lailatus Sa’adiyah dan juara kedua tingkat vokasi diraih oleh Risma Hamzah. Selanjutnya juara nominasi Mawapres terfavorit diraih oleh Abdul Aziz dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Mawapres Terinspiratif diraih oleh Nur Laila dari Fakultas Matematika dan Ipa. Terakhir sebagai suporter terbaik Pilmapres 2024 diraih oleh Fakultas Teknik. 

Dengan menjadi bagian dari Pilmapres UM 2024, mahasiswa berprestasi tidak hanya mendapatkan pengakuan atas prestasi akademis, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk menginspirasi dan berkontribusi pada perubahan positif dalam masyarakat melalui ide-ide dan inovasi yang mereka hasilkan. Kesuksesan program ini mencerminkan komitmen UM dalam mendukung pertumbuhan mahasiswa berprestasi secara holistik dan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan bakat dan minat mereka.

Pewarta : Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas 

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM