image_pdf

Malang. Dalam rangka meningkatkan potensi mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di berbagai bidang, pada Rabu (20/3) UM menyelenggarakan agenda bergengsi tahunan Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) dan Penganugerahan Pekan Ilmiah, Olahraga, dan Seni Mahasiswa Baru (Pios Maba) di Graha Cakrawala UM. Acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa UM, pimpinan UM serta tamu undangan dari berbagai instansi. Pada malam tersebut, Pios Maba menjadi medan terbaru untuk seluruh Maba karena dapat berkompetensi untuk mencetak mahasiswa yang dapat mengharumkan nama kampus di tingkat nasional maupun internasional.

Dr. Mu’arifin, M. Pd selaku wakil rektor III UM memberikan pemaparan kepada seluruh peserta melalui sambutannya.

“Dalam ajang ini, UM akan terus melakukan perubahan dalam mengembangkan minat dan bakat untuk terus berkarya. Selain itu, mahasiswa berprestasi harus dapat mengaplikasikan ilmunya di masyarakat,” ujarnya.

Kompetisi Pios Maba terbagi menjadi 3 bidang antara lain olahraga, seni, dan karya tulis ilmiah. Dalam bidang seni terbagi menjadi beberapa pertandingan antara lain lomba monolog, lomba fotografi berwarna, lomba fotografi hitam putih, lomba baca puisi, lomba vokal solo, lomba tari, lomba lukis, lomba komik strip, dan lomba penulisan naskah. Dalam kompetisi ini, Fakultas Sastra (FS UM) berhasil menyabet sebagai juara I untuk kategori lomba monolog, lomba baca puisi, lomba lukis, lomba tari, lomba vokal solo pop putra dan pop putri, lomba dangdut putri, dan lomba komik strip. Fakultas Teknik (FT UM) juga berhasil meraih juara I untuk kategori lomba poster, lomba vokal solo keroncong putra, lomba dangdut putra dan seriosa putra. Selain itu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UM) berhasil mendapat juara I untuk kategori lomba fotografi hitam putih dan lomba penulisan naskah puisi.

Dalam bidang karya tulis ilmiah seperti PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa) terbagi menjadi sub bidang antara lain kewirausahaan 1-3, karsa cipta 1 dan 2, pengabdian masyarakat 1 dan 2, penerapan eksakta, penelitian sosial humaniora, gagasan tertulis 1 – 3, penerapan teknologi serta gagasan futuristic. Dalam kategori Best Proposal Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK UM) berhasil meraih juara I di bidang kewirausahaan 2, karsa cipta 2 dan pengabdian masyarakat 1. FMIPA UM juga berhasil memenangkan best proposal bidang kewirausahaan 3, pengabdian masyarakat 2, penerapan eksakta, dan gagasan tertulis 1. FE UM juga berhasil menyabet pemenang bidang kategori kewirausahaan 1 dan gagasan tertulis 2. Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi UM) berhasil mendapatkan juara 1 proposal, poster dan presentasi bidang gagasan futuristik, poster karsa cipta 1, dan poster pengabdian masyarakat 1.

Pewrta             : Said Maulana Ibrahim – Internship Humas UM

Fotografer       : Abdul Fattah – Internship Humas UM