image_pdf

MALANG – Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Malang (PPG UM) menggelar Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP UKMPPG). Kegiatan yang diperuntukkan bagi Pra Jabatan 2020 dan PPG Dalam Jabatan Angkatan I 2021 ini diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 4-5 September 2021 pukul 8.30 WIB.

Koorprodi PPG UM, Dr. Makbul Muksar, S. Pd., M. Si., menyampaikan bahwa ujian ini merupakan sebuah program besutan pemerintah pusat di bawah Kemendikbud Ristek dan penyelenggaraannya bersifat berkala. “Jadi, uji kompetensi itu ada dua, ada uji pengetahuan dan uji kinerja, untuk uji kinerjanya sudah dilaksanakan dan sekarang berikutnya uji pengetahuan,” ujarnya.

Sosok yang memiliki latar belakang di bidang matematika tersebut juga mengatakan bahwa uji kinerja merupakan sebuah ujian yang mengacu pada praktik mengajarnya seperti uji keterampilan mengajar, uji merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lain sebagainya, sementara uji pengetahuan berbasis pada ujian tulis.

“Sekarang kan online ya, jadi uji pengetahuan ini dilaksanakan secara online tapi secara nasional serentak. Saat ini modelnya berbasis domisili, jadi peserta ujiannya dari rumah tapi diawasi dari  Pascasarjana UM sini,” lanjut Dr. Makbul.

Pada kegiatan ini terdapat 80 pengawas beserta ruangan untuk per-individu pengawas yang terbagi atas 4 sesi, setiap sesi terdiri dari 20 pengawas. Artinya, terdapat 20 ruangan yang beroperasi selama sesi berlangsung. Sementara dalam persiapan penyelenggaraannya, Prodi PPG UM telah menyiapkan mahasiswa dari PPG Pra Jabatan 2020 sekitar 57 peserta dan mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan I 2021 sebanyak 651 peserta.

“Tidak hanya itu, Prodi PPG UM pun sudah memberikan penguatan pendalaman materi sesuai pada yang akan diujikan dalam UP UKMPPG. Kami berharap UP UKMPPG ini dapat menjadi medan arena yang efektif untuk menciptakan sosok tenaga pendidik yang profesional,” pungkas Koorprodi PPG.

Pewarta: Afica Dela Vega – Internship Humas UM