image_pdf

Malang. Peningkatan kemampuan dan kompetensi dosen muda Universitas Negeri Malang (UM) dilaksanakan hari ini, Senin (11/2). Program ini adalah program peningkatan kemampuan bahasa inggris atau IELTS (International English Language Testing System) para dosen muda untuk mengikuti study doktor di luar negeri. Sebelumnya program ini sudah dilaksanakan pada tahun lalu selama 4 bulan di dua tempat, yauti Pusat Bahasa Institut Tekhnologi Bandung (ITB) dan Balai Bahasa Universitas Negeri Malang (UM).  Kegiatan Ini berlangsug di Lantai 7 Graha Rektorat UM pada pukul 12:30 sampai 13:30.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. menjelaskan bagaimana pentingnya program ini.

“Itu program untuk dosen muda baik PNS dan Non PNS untuk study di luar negeri. Program pelatihan ini sudah dilakukan ditahun lalu di Bandung dan Malang,” ujarnya.

Kegiaan hari ini adalah pelaporan dari program IELTS ITB yang dilaksanakan tahun lalu. Sebanyak 19 dosen muda hadir pada kegiatan ini dan melapor apa yang sudah didapatkan dari kegiatan yang telah diikuti. Penyusunan proposan yang untuk mendaftar di Universitas Luar negeri akan dibagi 2 kelompok, Soshum dan Saintek.

“Melalui kegiatan ini dapat mengetahui apa yang telah didapatkan oleh dosen muda yang mengikuti kegiatan ini, Jadi UM dapat segera menentukan sikap, jika ada yang masih kurang akan diberikan pelatihan lagi, bila ada yang sudah lebih baik maka segera menyusun proposal agar segera dapat LOA dari perguruan tinggi yang dituju” lanjut beliau.

Universitas Negeri Malang (UM) akan meningkatkan 4 program studi antara lain Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika menjadi tingkat ASEAN. Selama ini UM belum memiliki program studi yang terakreditasi Internasional. Tahun ini akan dilakukan visitasi pada bulan Mei di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Sastra, dan jika berhasil akan disusul 2 fakultas setiap tahun jadi semua fakultas akan memiliki perwakilan untuk akreditasi internasional.

Program peningkatan kemampuan bahasa inggris atau IELTS (International English Language Testing System) para dosen muda untuk mengikuti study doktor di luar negeri ini juga bertujuan agar peningkatan akreditasi beberapa program study ke akreditasi tingkat ASEAN juga dibarengi dengan meningkatnya kemampuan dosen.

Pewarta           : Nur Oktaviana – Internship Humas UM