image_pdf
M. Iqbal Dharmawan, S.Pd. saat menerima Piala Juara I Duta Muda ASEAN

Jakarta. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali menorehkan prestasinya di kancah nasional, kali ini datang dari bidang kedutaan. M. Iqbal Dharmawan, S.Pd., mahasiswa pascasarjana prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris berhasil meraih Juara I dalam ajang Pemilihan Duta Muda ASEAN yang diselenggarakan oleh Kementrian Luar Negeri Indoenesia. Penobatan sebagai juara 1 dilaksanakan pada malam puncak pada Senin (14/10) di Jakarta Convention Hall, MNC Towers. 

Pemilihan ini, jelas Iqbal, terdiri dari beberapa tahapan seleksi sejak 8 bulan yang lalu. Tahapan pertama adalah seleksi essay yang dikirim sekitar Bulan Maret. Sebanyak 1031 essai yang masuk, diseleksi dengan ketat hingga dipilih 105 terbaik untuk berlanjut ke tahap selanjutnya. Tahapan kedua yakni seleksi pembuatan video yang berkaitan dengan essai yang dibuatnya, tentu dengan bahasa Inggris dengan durasi maksimal 2 menit. Kemudian setiap peserta harus mengunggahnya ke youtube masing-masing. Setelah dua bulan, 20 pemuda terbaik diumumkan. Mereka mengikuti karantina selama satu pekan dari tanggal 7 hingga 13 Oktober di Jakarta.

“Selama satu pekan dikarantina, kami mendapatkan banyak sekali pengetahuan mengenai ASEAN, pilar-pilar ASEAN, pilar ekonomi, politik, keamanan dan pilar sosial budaya. Tak hanya itu, kami juga difasilitasi kelas kecantikan oleh Sariayu Marta Tilaar, kelas publik speaking dan juga table manner,” jelasnya.

Mahasiswa yang pernah meraih Juara II Duta Kampus Jawa Timur dan juga Duta Bahasa Jatim ini mengungkapkan kebahagiaannya dengan memberikan tips kepada Mahasiswa Indonesia yang bergelut di bidang kedutaan agar menjadi diri sendiri, open minded, perbanyak pengetahuan, dan stay cool.

“Tantang dirimu sendiri, kembangkan mindset dan kemampuanmu. Jika kamu tidak memberikan tantangan kepada dirimu sendiri, maka dirimu hanya akan stuck disana, tidak akan ada perubahan. Believe in yourself, be confident,” pesannya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM