image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd. menjadi imam dan khatib sholat dil fitri 1443 H di Masjid Al-Hikmah UM

Malang. Sejak diumumkannya hasil sidang isbat oleh Kementrian Agama Republik Indonesia bahwa hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1443 H secara resmi jatuh tepat pada tanggal 2 Mei 2022, Universitas Negeri Malang (UM) secara antusias menyambut hari kemenangan ini dengan menggelar salat Idul Fitri bersama di Masjid Al-Hikmah. Para sivitas akademika dan warga sekitar berbondong-bondong mengikuti salat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat karena pandemi belum seutuhnya usai. Kegiatan dimulai sejak pukul 05.45 dengan diiringi pembacaan takbir bersama hingga menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri yang dimulai tepat pukul 06.00 WIB.

Salat Idul Fitri kali ini menjadi lebih spesial lagi karena yang menjadi khatib sekaligus imam adalah Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., yang menyampaikan rasa syukur yang tak terkira karena pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini sangat istimewa. “Alhamdulillah, tahun ini kita kembali bisa merayakan hari kemenangan ini dengan melaksanakan shalat Idul Fitri bersama di Masjid Al-Hikmah yang baru ini dengan semarak dan kuota yang lebih banyak dengan kondisi nyaman karena fasilitas yang baru dan lengkap. Kita patut mensyukuri atas capaian kita selama melewati bulan Ramadan dan badai pandemi ini dengan berlebaran,” ujar Rektor UM.

“Maka saling bermaaf-maafanlah saudaraku semua, agar jiwa kita bersih dan kembali suci bak bayi yang baru dilahirkan. Semoga kita juga bisa istikamah untuk menjalankan ibadah dan perbuatan baik kita selama Ramadan ini, dalam rangka fastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan,” pungkas Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd.

Jamaah yang hadir tampak sangat khusyu` melaksanakan ibadah dan mendengarkan khutbah hingga akhir. Sebelum pulang ke rumah masing-masing, seluruh jamaah saling bersalaman dan meminta maaf, bahkan ada yang berfoto ria untuk mengabadikan momen spesial ini.

Pewarta: Afica Dela Vega – Internship Humas UM

Editor : Nike V. Yuarko