image_pdf

Malang. Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Jawa Timur mengadakan roadshow untuk memberikan sosialisasi kepada para pemuda di Jawa Timur tentang program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Kali ini Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu universitas yang mendapat kunjungan roadshow dari PCMI. Roadshow diadakan di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Gedung E1 lantai 2 UM (01/03). Acara roadshow diadakan dari pukul 13.20 – 15.15 WIB.

Acara roadshow ini diawali oleh sambutan dari Evi Eliyanah, S.S, M.A. selaku Direktur Hubungan Internasional UM. Dalam sambutan yang disampaikan, beliau mengajak mahasiswa UM untuk selalu meraih kesempatan yang ada untuk berkelana dan belajar. Beliau ingin para mahasiswa UM untuk menjadi generasi muda yang visioner dan berani untuk keluar dari comfort zone mereka. “Challenge yourself and experience the world.” pesan ibu Evi Eliyanah.

Pemateri dalam roadshow PPAN 2019 ini adalah tim dari PCMI Jawa Timur. Ada 3 pemateri utama yang dihadirkan yakni Billy Qolbinura, Alif Reza Pahlevi, dan Imandari Sasmita. Materi yang disampaikan dalam acara ini berkaitan dengan kegiatan PPAN, mulai dari seleksi PPAN, program-program yang dapat diambil di kegiatan PPAN, kegiatan yang dilaksanakan selama mengikuti program, serta sharing pengalaman dari 3 pemateri utama dan tim dari PCMI yang lain.

Tema yang diangkat oleh PPAN 2019 adalah “Oasis Is You“. Pemateri menjelaskan berdasarkan tema ini diharapkan dengan adanya program PPAN, PCMI dapat menemukan oasis-oasis yang ada di daerah-daerah di Indonesia. Oasis-oasis yang dimaksudkan adalah para pemuda Indonesia yang siap membawa dampak besar bagi daerah dan negaranya.  

Informasi lebih lanjut terkait persyaratan dan mekanisme seleksi PPAN Jatim 2019 dapat diakses di website resmi PCMI Jatim, www.pcmijatim.org. Atau juga dapat dilihat di akun Instagram PCMI Jatim di @pcmijatim.

Pewarta           : Shandhika Widyastuti – Internship Humas UM

Fotografer       : Abdul Fattah – Internship Humas UM