image_pdf

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang (LP2M UM) bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Malang dan Komunitas Juru Sembelih Halal (Juleha) Malang Raya menggelar kegiatan sosialisasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dan pelatihan juru sembelih halal pada Minggu (12/06). Acara bertempat di aula lantai 2 Masjid Al-Hikmah UM dan dihadiri oleh para takmir masjid di Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengarahan kepada masyarakat tentang PMK yang tengah mewabah serta pelatihan tata cara menyembelih hewan kurban dengan halal sesuai syariat Islam.

Adanya wabah PMK yang datang baru-baru ini sungguh mengejutkan semua orang, tak terkecuali takmir masjid. Mengingat sebentar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang sudah semestinya melakukan penyembelihan hewan kurban. Kekhawatiran tentang hewan kurban yang terkena PMK dan bagaimana cara menanganinya pun menjadi momok sendiri saat ini. Oleh karena itu kegiatan sosialisasi PMK yang diadakan ini adalah wadah yang cocok untuk para takmir masjid mengetahui ciri-ciri hewan kurban yang terinfeksi dan mencegah terjadinya penyembelihan hewan yang salah. 

Prof. Dr. Heri Pratikto, M.Si., selaku ketua Forum Ukhuwah Antar Masjid (FUAT-M) Malang Raya menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu, para takmir masjid sangat kaget dengan kehadiran wabah PMK dan khawatir dengan hewan-hewan yang hendak dikurbankan nanti. “Bagaimana jika nanti sapi atau hewan lain yang dibeli ternyata terinfeksi PMK dan tidak bisa disembelih. Oleh karena itu, dengan adanya momen ini kami berharap dapat informasi yang jelas tentang kebijakan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Terima kasih juga kepada pihak UM yang telah mendudukkan kami, para takmir masjid di Malang ini untuk sosialisasi PMK dan praktik langsung tentang  penyembelihan hewan kurban sesuai syariat,” ungkapnya. 

Di kesempatan yang sama, ketua LP2M UM, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si., menyampaikan sambutannya kepada para hadirin. “Kami mewakili UM berterima kasih atas kehadiran bapak-bapak perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang dan Juleha Malang Raya, serta kepada para hadirin sekalian yang telah datang pada kegiatan sosialisasi PMK dan pelatihan juru sembelih halal di Masjid Al -Hikmah UM ini. Semoga ilmu dan informasikan yang disampaikan dapat memberi manfaat kepada kita semua,” ujar beliau.

Setelah pembukaan acara dan sambutan-sambutan, agenda dilanjutkan dengan praktik langsung penyembelihan hewan kurban di pelataran samping Masjid Al Hikmah UM. Andri Sujatmiko selaku perwakilan dari Juleha mempraktikkan penyembelihan hewan kambing dan diiringi dengan penyampaian tata cara yang baik dan benar. Para peserta pelatihan pun turut aktif melemparkan beberapa pertanyaan seiring dengan mendengarkan penjelasan dari Andri. 

Selanjutnya para peserta kembali ke aula lantai 2 masjid untuk menyambungkan kegiatan, yakni pemaparan beberapa materi. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Malang, drh. Anton Pramujiono menyampaikan materi tentang wabah PMK. Kemudian H. M. Atho’illah Wijayanto, S.Ag., yang memaparkan tentang tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam. Lalu dilanjutkan oleh Saiful Bachri selaku perwakilan dari Juleha yang menjelaskan praktik penyembelihan secara lebih rinci kepada peserta.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM