image_pdf
Koorprodi PPG Sekolah Pascasarjana UM, Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si, menyajikan materi Sistem perkuliahan dan kurikulum PPG Dalam Jabatan

Malang-Program Profesi Guru Sekolah Pascasarjana UM menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori II Kemendikbudristek Tahun 2022, Rabu, 24 Agustus 2022. Kegiatan ini terselenggara secara dari daring yang diikuti sekitar 1.845 peserta dan luring terbatas, dimulai pukul 08.00 WIB.

Dalam sambutannya Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto Wahju Wardhana , M.A., M.Si. menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta.

“Kami sampaikan selamat bergabung Bapak/Ibu peserta PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022, Bapak Ibu akan menempuh program studi di UM selama dua semester. Kami berharap Bapak/Ibu dapat mengikuti dengan baik sehingga nantinya lulus dengan tepat waktu, serta memiliki predikat guru profesional seperti yang kita harapkan,” papar Guru Besar Departemen Manajemen FEB UM.

Sementara itu Koorprodi PPG Sekolah Pascasarjana UM, Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si, menyajikan materi Sistem perkuliahan dan kurikulum PPG Dalam Jabatan.

“Bapak/Ibu, PPG ini mensyarakatkan komitmen yang kuat. Kami berharap Bapak Ibu sudah menanamkan komitmen ini dalam diri Bapak/Ibu. Kami tidak ingin dalam perjalanannya nanti ada kendala yang berakibat Bapak/Ibu tidak lulus dalam mengikuti PPG,” jelasnya.

Peserta luring Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Sekolah Pascasarjana UM, dihadari Delegasi Sekolah Mitra UM

Lebih lanjut, Dosen Departemen Matematika FMIPA ini menyampaikan capaian PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022.

“Capaian yang diharapakan dari PPG ini yaitu sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Kompetensi yang diharapakan antara lain mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian, dan seterusnya,” paparnya.

Dikarenakan kegiatan PPG Dalam Jabatan Kategori II Kemendikbudristek Tahun 2022 diselenggarakan secara daring, maka peserta harus bisa mengantisipasi kemungkinan kendala-kendala teknis dalam pembalajaran. Seperti halnya ketersediaan jaringan internet, perangkat pembelajaran yang memadai, dan senantiasa menjaga kesehatan.

Peserta Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori II Kemendikbudristek terdiri dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 348 mahasiswa, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 70 mahasiswa, Pendidikan Luar Biasa 69 mahasiswa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) 69 mahasiswa, Seni Budaya 69 mahasiswa, Seni Rupa 30 mahasiwa, Sosiologi 35 mahasiswa, Tata Busana   30, Teknik Ketenagalistrikan 28 mahasiswa, Teknik Komputer dan Informatika        140 mahasiswa, Teknik Otomotif 35 mahasiswa, Teknologi Konstruksi dan Properti 25 mahasiswa, dengan total 1.845 Mahasiswa.

Selain Orientasi untuk PPG Dalam Jabatan Kategori II Kemendikbudristek, pada pukul 13.00 WIB juga dilakukan Orientasi PPG Daljab Kategori I Angkatan II Kementerian Agama Tahun 2022. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Prodi Geografi sebanyak 30 mahasiswa, Prodi Ekonomi 31 mahasiswa, Prodi Kimia 30 mahasiswa, dan Prodi IPA 70 mahasiswa, dengan total 161 peserta.

Materi yang disampaikan dalam orientasi PPG ini ini meliputi; Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif), Sistem Pembelajaran Daring, dan Sistem Pembiayaan PPG.

Kunjungi Galeri Orientasi PPG Dalam Jabatan Sekolah Pascasarjana UM

Pewarta: Suhardi