image_pdf

Malang. Umur bukanlah batasan seseorang untuk belajar. Menyandang sebuah gelar dalam nama merupakan kebanggan tersendiri yang tiada tara. Tak lain dan tak bukan ialah seperti Pramono, S.Pd, M.Or yang baru saja menyandang gelar Doktor dengan predikat cumlaude pada Ujian Terbuka Disertasi di Universitas Negeri Surabaya, kemarin (29/07).

Disertasi berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Dengan Permainan CE2IG (Creative, Enjoyable Experience, Innovative,Game)” tersebut mampu membuat ketujuh dewan penguji tersenyum puas terhadap mahasiswanya itu.

Pria kelahiran Surakarta tersebut memang patut diberikan apresiasi yang tinggi. Seperti yang diucapkan salah satu dewan penguji, Pramono pria berbadan gempal tetapi ia mengangkat judul dari hal sederhana yakni memperhatikan pembelajaran pada tingkat dasar yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Model Pembelajaran CE2IG yang ia sampaikan dalam ujian terbuka ini antara lain pembelajaran yang kreatif pada usia dini, pembelajaran yang menyenangkan, pembelajaran inovatif, belajar melalui bermain, mengoptimalkan potensi anak usia dini, mengembangkan dan menstimulasikan semua pengembangan anak usia dini, membangkitkan motivasi dari dalam diri anak usia dini yang akan menghasilkan inisiatif sendiri, memberikan sikap disiplin yang dapat membentuk watak dan kepribadian anak usia dini, serta pembelajaran secara bertahap dan berulang-ulang.

“Keunggulan dalam CE2IG adalah dapat meningkatkan kreativitas anak, suatu misal kita berikan sebuah balok untuk disusun tanpa menentukan objeknya. Pemikiran setiap anak pastilah berbeda ada yang membangun gedung, rumah, dan sebagainya. Begitu juga dengan menjahit.” Ujarnya mantap ketika ditanya dewan penguji.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.selaku Rektor Unesa sekaligus Ketua Dewan Penguji mangatakan bahwa model pembelajaran ini haruslah segera disebarkan ke seluruh PAUD agar diterapkan. Bahkan, Nurhasan berencana membeli sejumlah 50 eksemplar buku CE2IG untuk dibagikan ke PAUD miliknya.

Seusai ujian, maka dengan resmi, Pramono menyandang gelar Dr. Pramono, S.Pd, M.Or.

Pewarta           : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM

Fotografer       : Abdul Fattah – Internship Humas UM