image_pdf

Malang. Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Badan Dakwah Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang (UM) bersama Nawak Hijrah berkolaborasi menyelenggarakan agenda spesial hijrah bertajuk Melodi Hijrah:Perjalanan Hijrah dalam Menggapai Ridha Allah SWTSelasa, 19 Februari 2019 pukul 14.00-21.00 WIB bertempat di Aula Sasana Krida UM. Acara ini dikemas dalam bentuk kajian akbar yang didalamnya menjadi momen untuk bincang santai tentang Islam, serta berbagi kisah-kisah motivasi mengenai pengalaman hijrah para tokoh inspiratif.

Acara dimulai dengan pertandingan sepak bola persahabatan oleh beberapa pemain official Arema melawan BDM AL-Hikmah dan Cah Hijrah yang dilaksanakan di lapangan Cakrawala UM. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembina BDM Al-Hikmah, Ustadz Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd, M.Ag, dan Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini sebab kebermanfaatannya untuk umat sangatlah besar, khusunya di lingkungan civitas akademika UM. Kegiatan seperti ini juga dapat membantu menumbuhkan jiwa religius,” tutur Dr. Mu’arifin, M.Pd.

Serangkaian acara berikutnya berupa talk show yang diisi oleh beberapa Ustadz yang memiliki latar belakang kecintaan dunia seni. Para narasumber tersebut adalah Ustadz Derry Sulaiman, Ustadz Aditya Abdurrahman, Ustadz Abdullah Murtadho, dan Ustadz Yoppy Al-Ghifari. Selain itu juga ada tamu spesial dari Alumni BDM Al-Hikmah, Ustadz Rujian Khairi dan Cah Hijrah Semarang.

Puncak acara tersebut adalah penyampaian tausiyah oleh Ustadz Derry Sulaiman yang mengangkat tema pentingnya berhijrah di masa kini. Pemuda-pemuda masa kini haruslah mampu mengarahkan aktivitas-aktivitasnya menuju arah kebaikan. Untuk mendekatkan diri kepada Allah memang masing-masing pribadi memiliki cara tersendiri. Tapi, yang terpenting adalah setiap muslim harus selalu berdakwah menyampaikan kebenaran islam. Ustadz Derry juga membawakan sejumlah lantunan lagu dakwah seperti yang terkenal liriknya Orang Kaya Mati, Orang Miskin Mati, yang disenandungkan bersama seluruh jamaah.

“Dakwah bukanlah profesi, tapi apapun profesi kita, kita wajib untuk berdakwah.” tuturnya.

Ketua Umum BDM Al-Hikmah, Akhina Chandra Aknuranda Wibowo juga mengatakan bahwa berangkat dari tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyampaikan Islam kepada civitas akademika UM secara khusus dan masyarakat umum secara lebih luas. Maka diharapkan dengan adanya acara ini akan semakin menyadarkan umat muslim UM untuk lebih mengenal  agama mereka dan juga turut ambil bagian dalam mendakwahkannya.

“Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyiarkan Islam dan merekatkan ukhuwah Islamiyah antara seluruh jamaah. Harapannya, Islam dapat diterima seluruh kalangan dan juga masyarakat muslim UM, terlebih memiliki kesadaran untuk mulai belajar Islam serta mendakwahkannya.” ujar Ketua Umum BDM Al-Hikmah.

Kontributor berita : UKM BDM Al-Hikmah UM