image_pdf

Malang. Dalam rangka memaksimalkan upaya Universitas Negeri Malang (UM) untuk menaikkan peringkat universitas di kancah nasional maupun internasional, tim pemeringkatan UM menyelengarakan sosialisasi pengisian indikator laporan kinerja di lingkungan Biro AKPIK pada Jumat (03/05) di Hotel Ubud Malang. Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 80 pegawai Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan kerjasama (BAKPIK).

Sosialisasi dibuka oleh Drs. Taat Setyohadi, kepala bagian kemahasiswaan dan materi disampaikan oleh ketua tim pemeringkatan tingkat universitas, Utomo Pujianto, S.Kom, M.Kom.

“Target kita tahun 2022 nanti akan menduduki rangking 10. Kita berupaya sekuat tenaga dan biaya juga tentunya untuk mencapai itu. Mohon untuk berperan maksimal memberikan data sehingga pemeringkatan kita menjadi lebih baik lagi,” ujar Taat sebelum membuka sosialisasi tersebut.

Terdapat perbedaan indikator pemeringkatan dari tahun sebelumnya oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi (Ristekdikti). Jika tahun sebelumnya ada 5 indikator besar, tahun ini terdapat 4 indikator besar yang dibagi menjadi 15% input dengan 5 indikator, 25% proses dengan 6 indikator, 25% output dengan 4 indikator, dan 35% outcome dengan 5 indikator. Selain pemeringkatan dari Ristekditi, UM juga memberlakukan pemeringkatan internal baik bagi dosen maupun tenaga kependidikan. Hal ini  akan dikompetisikan dalam bentuk UM Awards yang akan dilaksanakan sebagai salah satu agenda di Lustrum UM.

“Tujuan diadakan sosialisasi ini selain memberikan materi adalah untuk menularkan semangat bahwa kita sedang berusaha untuk menaikkan peringkat. Mendorong usaha untuk membuat sistem pangkalan data yang lebih baik, semua kinerja yang telah dilakukan oleh civitas akademika dapat terekam dengan baik sehingga bisa dilaporkan secara maksimal ke Ristekdikti,” terang Utomo Pujianto, pemateri dalam sosialisasi ini.

Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM