image_pdf

Malang. Membaca merupakan salah satu kebiasaan baik yang musti diterapkan sejak dini. Selain karena membaca adalah jembatan ilmu, menanamkan kebiasaan membaca sejak dini pada anak juga akan membentuk pola pikir dan perilaku yang positif. Namun sayangnya dizaman yang sudah serba modern seperti ini kebiasaan membaca perlahan luntur dan generasi muda lebih tertarik dengan gadget daripada buku.

Hal tersebut tentu tidak bisa dibiarkan terus-menerus karena akan mempengaruhi kualitas generasi penerus berikutya. Oleh karena itu, KKN Universitas Negeri Malang mencetuskan sebuah gagasan dengan membuat taman baca mini bernama “POJOK BACA”. Ide pembuatan pojok baca ini merupakan sebuah sebagai langkah awal sekolah dalam membangun perpustakaan, agar siswa dapat lebih dekat dengan buku. Berlokasi di SD Negeri 1 Kemulan, diharapkan agar pojok baca bisa meningkatkan dan membuat siswa lebih terbiasa membaca buku.
Pengerjaan pojok baca ini dilakukan selama tiga hari yaitu mulai tanggal 24 sampai 27 Juli 2021 oleh mahasiswa KKN dan diresmikan pada Selasa, 27 Juli 2021 oleh kepala sekolah setempat. Untuk pengadaan buku sendiri, buku-buku tersebut berasal dari banyak pihak seperti donatur, guru-guru dan teman-teman KKN Desa Kemulan. Buku yang disajikan juga variatif dengan menyesuaikan kemampuan membaca siswa sekolah dasar seperti buku dogeng, buku
cerita bergambar dan buku-buku penunjang kegiatan sekolah lainnya.

Pengadaan pojok baca ini mendapat respon yang positif dari pihak sekolah, terutama para siswa. Harapan nya setelah didirikan pojok baca, minat baca siswa SD Negeri 1 Kemulan semakin meningkat, selain itu sebagai tindak lanjut pihak sekolah berjanji akan terus megadakan perawatan pojok baca dengan menambah stok buku dan perawatan tempat baca itu sendiri.

Pewarta : Lely Nurahma Dianingrum – Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UM
Pewarta Foto : Luhur Adi Prasetya – Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro