image_pdf
Rektor UM, Prof. Hariyono, M.Pd (kedua dari kanan) menerima kunjungan Tim Tim Kolaborasi Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes)

UM (Universitas Negeri Malang) menerima kunjungan istimewa dari Tim Kolaborasi Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) pada Hari Jumat (04/08) hingga Sabtu (05/08). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari proses visitasi lapangan Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran UM. Tim Kolaborasi LAM PTKes yang terdiri dari para ahli di berbagai bidang meliputi Prof. Dr. dr. Eti Nurwening Sholikhah, M.Kes., M. Med. Ed., Prof. Dr. dr. Anak Agung Wiradewi Lestari, Sp.PK(K)., Dr. dr. H. Nasrudin A.M, Sp.OG(K), MARS, M.Sc., Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K), M.Kes, M.Hkes., dan Dr. Andi Insan Sosiawan Tunru, Ph.D., melakukan visitasi ini dengan penuh antusiasme.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan profil dan kurikulum Program Studi Kedokteran FK UM. Dilanjutkan dengan diskusi mengenai materi pembelajaran, sumber daya manusia, serta fasilitas pembelajaran yang tersedia di FK UM juga menjadi fokus utama pertemuan tersebut. Selain itu, tim akreditasi juga melakukan kunjungan lapangan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan Kepanjen. Saat berada di RSUD Kanjuruhan Kepanjen, tim akreditasi meninjau beberapa fasilitas serta sarana prasarana pembelajaran yang akan menunjang proses perkuliahan mahasiswa FK nantinya.

“Terima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa hangat dari UM. Kami melaksanakan kegiatan visitasi ini untuk melihat kesiapan UM yang mendirikan Fakultas Kedokteran. Adanya kunjungan ini kami laksanakan secara objektif dan kami pun telah menandatangani kode etik sehingga hasil yang keluar nanti kami harapkan dapat membantu realisasi Prodi Kedokteran UM ke arah yang lebih baik,” ujar Prof. Dr. dr. Eti Nurwening Sholikhah, M.Kes, M.Med.Ed., salah satu anggota tim LAM PTKes.

Hasil dari visitasi lapangan ini disampaikan dalam sesi presentasi kepada Rektor UM dan jajaran pimpinan universitas. Dalam paparannya, tim LAM PTKes memberikan apresiasi terhadap upaya dan komitmen UM dalam pengembangan Program Studi Kedokteran. UM dinilai telah siap untuk mengelola Prodi Kedokteran dengan baik dan berkualitas. Rektor UM-Prof. Hariyono berkeyakinan bahwa pasca kunjungan ke UM, LAM PTKes dapat segera memberikan surat rekomendasi bagi UM untuk membuka Program Studi S-1 Pendidikan Kedokteran.

Pewarta: Rani Destia Wahyuningsih – Internship Humas UM
Megasari Noer Fatanti, M.I.Kom