image_pdf

Malang. Fakultas Ilmu  Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah dalam seminar berkancah internasional yakni The 3rd International Conference on Sports Science and Health pada Rabu (21/08) di Hotel Aria Gajayana. Seminar yang merupakan kolaborasi antara UM dengan National Dong Hwa University (Taiwan), Universitas Kebangsaan Malaysia, dan Bangkok Thonburi University (Thailand) tersebut dihadiri oleh puluhan peneliti, praktisi, dosen, dan mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.

Dr. Slamet Raharjo, S.Pd., M.Or., selaku ketua pelaksana seminar internasional tersebut menjelaskan bahwa The 3rd International Conference on Sports Science and Health tahun ini mengangkat tema Enhancing Sports Performance and Health through Technology Integration, Educational Innovation, and Scientific Collaboration. Ia juga menyebutkan 4 keynote speakers dalam kegiatan tersebut.

“Dr. Nguyen Tra Giang dari Bangkok Thonburi University Thailand, Prof. Chang Bin Yang dari National Dong Hwa University Taiwan, Prof. Norlena Binti Salamuddin dari Universitas kebangsaan Malaysia dan Dr. Mu’arifin, M.Pd., dari Universitas Negeri Malang,” sebutnya.

Masing-masing keynote speaker membawakan materi yang berhubungan dengan keolahragaan dan kesehatan diantaranya adalah Sport and Tourism, Sport Coaching, Contribution of physical Sport Performance in the Eraof Industrial 4.0, dan Identification of Challenges for Physical Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. Setelah penyampaian materi dari keynote speakers, peserta dibagi menjadi dua group dan diarahkan menuju dua panel Parallel Session Oral Presentation di tempat yang berbeda.

Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., selaku Wakil Rektor I UM mewakili Rektor UM membuka secara resmi kegiatan berskala internasional tersebut. Ia menjelaskan bahwa seminar tersebut berfokus pada bagaimana keolahragaan dan kesehatan bisa menghadapi issu dalam teknologi dan inovasi pendidikan sebagai issu akademik di era ini.

“Saya berharap international conference ini bisa menjadi wadah berbagi pengetahuan, penemuan maupun inovasi yang baik di bidang keolahragaan dan inovasi pendidikan. Selain itu, diharapkan bisa mengembangkan kerjasama dan menambah networking di kancah internasional,” tambahnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM