image_pdf

Malang. Konferensi Internasional ke-7 tentang Teknik Elektro, Elektronika dan Informatika (ICEEIE 2021) diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang didukung oleh mitranya yang akan diadakan di Malang (Indonesia). ICEEIE sendiri merupakan konferensi yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali sejak tahun 2009 dan menjadi konferensi Internasional yang bekerja sama dengan IEEE sejak tahun 2017.

ICEEIE 2021 dilaksanakan pada (02/10/2021) secara virtual melalui Zoom meeting dan streaming youtube dengan mengusung tema “Technological Breakthrough for Greater New Life”. Disisi lain kegiatan ini tampak luar biasa dengan menghadirkan Keynote Speaker handal diantaranya : Prof. Martin Ebner, Ph.D. (Graz University of Technology, Austria), Prof. Dr. Taufik (California Polytechnic State University, USA), Prof. Chen Shih Chung, Ph.D. (Southern Taiwan University of Science and Technology, Taiwan), dan Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T. (Universitas Negeri Malang, Indonesia).

Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D. selaku ketua pelaksana ICEEIE 2021 menjelaskan bahwa kegiatan ICEEIE 2021 ini diikuti oleh peserta dari 24 negara di 5 benua. Peserta konferensi ini berasal dari Indonesia, Japan, Malaysia, Taiwan, Turkey, Cambodia, Morocco, India, Philippines, Bangladesh, USA, Iraq, China, Australia, Poland, Iran, Belgium, Mauritius, South Africa, Sudan, South Korea, Pakistan, dan Colombia.  

Konferensi ini merupakan wadah bagi peneliti, praktisi, dan akademisi untuk sharing pengetahuan di bidang Teknik Elektro, Elektronika, dan Informatika serta pendidikan pada 3 bidang tersebut. “Terdapat 122 Paper yang kami terima untuk dipresentasikan dari 175 paper yang disubmit ke konferensi ini” jelas beliau.

Tambahnya “karena banyaknya paper yang masuk (175 paper) yang masing-masing harus direview oleh 3 orang, maka butuh tambahan reviewer. Alhamdulillah teratasi dengan meminta bantuan kolega di Universitas di sekitar UM. Untuk ICEEIE berikutnya yang rencananya dilaksanakan pada tahun 2023, semoga bisa dilaksanakan lebih baik lagi. Kami akan berusaha mengundang lagi author yang sudah bergabung di kegiatan ini dan peserta yang lain” ungkapnya.

Pewarta : Rizka Putriana – Internship Humas UM