image_pdf

Malang. Sebagai upaya untuk mempercepat proses pembangunan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan baik dari segi sarana dan prasarana, tenaga dosen dan pendidik, laboratorium, dan lain-lain, Universitas Negeri Malang (UM) adakan penandatangan kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan Kabupaten Malang. RSUD Kanjuruhan adalah mitra utama untuk menyelenggarakan pendidikan kedokteran, pelayanan kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat di Ruang Sidang Senat Graha Rektorat Lantai 9 pada Rabu (11/05). Acara ini dihadiri oleh Rektor beserta para jajaran pimpinan UM dan Direktur RSUD Kanjuruhan beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Direktur RSUD Kanjuruhan, dr. Bobi Prabowo, sp.Em, KEC, M.Biomed., menyatakan sangat senang bisa menjadi mitra UM dalam rangka mengadakan pelayanan pendidikan dan kesehatan sebagai bentuk sumbangsih untuk Negara Indonesia. “Akhirnya hari ini kita bisa melaksanakan tanda tangan kerjasama antara RSUD Kanjuruhan dengan UM, yang nantinya RSUD Kanjuruhan ini akan menjadi rumah sakit utama untuk pendidikan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UM. Jika melihat data saat ini dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah dokter di Indonesia dalam skala perbandingan itu 1:2686 padahal perbandiang yang ideal adalah 1:1000. Data yang sangat miris sekali, Negara kita sangat kekurangan tenaga dokter dan medis, bahkan jika saya hitung untuk mencukupi kebutuhan dokter yang ideal di Indonesia setikdaknya akan membutuhkan waktu selama 10 sampai 15 tahun kedepan,” ungkap dr. Bobi.

“Harapannya program ini bisa dipercepat untuk agar mampu memberikan sumbangsih lulusan dokter yang handal dan profesional. Maka kami berkomitmen akan membantu mewujudkan dan memfasilitasi UM untuk melaksanakan pendidikan dokter di RSUD Kanjuruhan. Saya sangat bangga dan senang, karena bisa dibantu oleh UM untuk memberikan sumbangsih pada Indonesia. Semoga kerjasama antara UM dan RSUD Kanjuruhan terlaksana dengan baik dan sukses,” pungkas Direktur RSUD.

Dalam kesemapatan yang sama, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., juga menyampaikan rasa senangnya karena bisa melakukan kerjasama dengan RSUD Kanjuruhan dan harapan dari kerjasama ini. “Saya senang sekali karena bisa mempercepat proses dan mengoperasikan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UM ini. Karena mimpi UM untuk memilikinya sudah sangat lama, yakni sejak tahun 1996. Namun hingga saat ini masih memiliki prodi kesehatan masyarakat di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan memiliki 13 dokter. Saya juga sangat senang akhirnya ada 9 dokter spesialis yang mau bergabung dengan kami. Terima kasih kepada bapak ibu dokter RSUD Kanjuruhan yang sudah hadir hari ini, dengan tanda tangan kerjasama ini semoga  tercapai apa apa yang kita inginkan bersama dan bisa mewujudkan masyarakat yang sehat dan terjamin pelayanan kesehatannya,” pungkas Rektor.

Pewarta : Luhtfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.

Editor : Nike V. Yuarko