image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyambut mahasiswa atlet Seagames 2023 di lobby Grarek lt 9 UM.

Universitas Negeri Malang (UM) menyambut kedatangan tiga atlet peraih medali dalam ajang Southeast ASEAN Games (SEA Games) yang digelar di Kamboja, 5-17 Mei 2023. Meraka adalah; Lulut Gilang Saputra, mahasiswa Prodi PPG Prajabatan PJOK Sekolah Pascasarjana UM yang meraih medali emas pada cabang olahraga Wrestling- Men’s Grego 87 kg, Katherina Eda Rahayu, mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga yang berhasil meraih dua medali perak dan satu perunggu dari cabang olahraga Fin Swimming, dan Candra Marimar, mahasiswa Prodi PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) yang berhasil mendapatkan medali perak dalam cabang olahraga Wrestling Women’s 55 kg.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. ungkap rasa syukur dan bangganya atas prestasi ketiga mahasiswa FIK UM tersebut. Beliau merasa terharu ketika bendera merah putih dikibarkan dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara tesebut .

Mahasiswa UM peraih medali Seagames 2023 di Kamboja

“Kita sebagai orang yang pancasilais harus bisa mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat, adil, dan makmur. Hal tersebut dapat terwujud melalui inovasi dan prestasi gemilang yang diraih oleh anak-anak kita. Mudah-mudahan ini adalah awal dan menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk terus berprestasi di bidang apapun. Melalui prestasi ini juga semoga menjadi pintu awal UM bisa dikenal di kancah internasional,” ungkap Rektor di Ruang Sidang Senat UM, Grarek lt 9, Rabu, 31/5/ 2023.

Atas presatasinya tersebut, Lulut Gilang Saputra diangkat menjadi Dosen UM, Sementara Katherina Eda Rahayu dan Candra Marimar diberi kesempatan untuk mengambil S2 dengan terlebih dahulu memberikan rekognisi atas prestasinya setara dengan tugas akhir atau skripsi.

Menanggapi apresiasi Rektor UM tersebut Lulut Gilang Saputra mengungkapkan rasa syukurnya.

“Menjadi dosen di UM itu sudah cita-cita saya dari S1. Selain itu, banyak dosen yang menyarankan saya untuk menjadi bagian dari UM dan membantu mengembangkan cabang olahraga gulat di UM, berhubung ada banyak bibit-bibit atlet gulat di sini,” ungkapnya.

Senada dengan Lulut, peraih tiga medali di cabor Fin Swimming, Katherina juga menyambut apresiasi yang diberikan UM dengan gembira. Gadis yang memulai karir atletnya sejak 2 SMP itu merasa puas karena perjuangannya sebagai student athlete berbuah manis.

“Sebagai student athlete susah sekali menyeimbangkan antara belajar dan latihan. Jadi, kalau ada kebijakan apresiasi dari UM semacam ini akan sangat memacu kami berprestasi lebih tinggi lagi,” pungkasnya.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM

Editor: Suhardi