image_pdf
Penyerahan bantuan revitalisasi

Malang.  Tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Ekonomi (FE)  Universitas Negeri Malang (UM) berikan bantuan dana pembangunan kepada Kampoeng Heritage pada Jumat (25/06) untuk meningkatkan keindahan dan melengkapi fasilitas yang ada di wisata sejarah Kota Malang ini. Tim ini terdiri dari Vidya Purnamasari , S.E., M.Sc., Vika Annisa Qurrata , S.E., M.E., dan Santi Merlinda , S.E., M.E. Program pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UM sebagai salah satu bentuk penerapan tridharma perguruan tinggi.

“Ini merupkaan salah satu pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh LP2M UM. Kami mengajukan proposal pengabdian masyarakat dengan objek wisata religi makam Mbah Onggo yang ada di Kampoeng Heritage ini. Terdapat tahapan seleksi, direvier proposalnya oleh reviewer ternama, dan akhirnya kita merupakan salah satu judul yang lolos dan diterima,” jelas Vidya Purnamasari dalam wawancaranya setelah penyerahan bantuan tersebut.

Dana pembangunan tersebuat akan digunakan untuk membuat papan nama dan ringkasan biografi Mbah Onggo di depan makamnya. Hal ini diputuskan karena memang makam tetua tersebut belum ada identitasnya, sehingga akan lebih baik jika diberikan identitas dan pengenalan kepada makam tetua tersebut. Harapannya agar pengunjung mengenal siapa tetua Kampoeng Heritage tersebut dan alasan kenapa orang tersebut dihormati.

Foto bersama

“Kami telah berkoordinasi dengan ketua RW. Kampoeng Heritage ini sudah memiliki desain bentuk atas beberapa spot yang potensial untuk dibangun fasilitas Kampoeng Heritage. Kami diberi kesempatan untuk memilih desain desain tersebut, dan akhirnya kami memilih pembangunan identitas Mbah Onggo ini,” tambahnya.

Jumlah bantuan yang diberikan berupa dana pembangunan sebesar IDR 8.000.000. Sedangkan untuk pembangunannya diserahkan kepada warga Kampoeng Heritage. “Berupa dana tunai sebesar Rp8.000.000. Nanti pengerjaannya akan diurus oleh warga Kampoeng Heritage sepenuhnya, kami bekerjasama dan gotong royong. Dengan bantuan Dari FE UM ini saya mewakili warga mengucapkan terimakasih atas bantuannya, kami sudah menerima dan disaksikan oleh banyak warga disini. Semoga bermanfaat bagi kita semua,” ujar Edy selaku Ketua RW yang melingkupi Kampoeng Heritage.

“Bangga ya, kita memiliki kontribusi terhadap lingkungan melalui universitas. Kampoeng ini memiliki potensi yang besar, jika pengolahan dan pembangunan baik dan terus digencarkan, wisata sejarah ini bisa menjadi iconic Kota Malang,” ujar salah satu tim Pengabdian Masyarakat FE UM ini.

Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Humas UM