image_pdf

Bandar Sri Begawan. Kegiatan Pameran Pendidikan (Higher Education Expo 2019) menarik perhatian ribuan pengunjung di Kota Jerudong, mulai dr murid SMP sampai Professor. Kegiatan ini berlangsung 2 hari dari tanggal 16 s.d 17 Februari 2019, dibuka dari jam 9.00 s.d 17.00 di Bridex Hall Jerudong, Brunei Darusalam. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Menteri Pendidikan Brunei Darussalam bekerjasama dengan KBRI Bandar Seri Begawan

Jumlah institusi yang mengikuti acara ini ada 58, terdiri dari 13 Perguruan tinggi negeri dan swasta Brunei, 21 universitas luar negeri, 12 agensi pendidikan luar negeri, 8 lokal dan luar negeri education services dan 4 Embassy. Seperti Melbourne University, Osaka University, Nanyang Technology University, UBD dan lain-lain.

Delegasi dari Indonesia yg diundang oleh KBRI ada 4 kampus yaitu Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Hasanuddin Makasar (UNHAS), Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR) dan Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP). Rektor UM menugaskan Kabag Kerjasama dan Humas serta 1 staf HI dalam kegiatan tersebut.

Higher Education Expo 2019 dibuka oleh Dr Haji Azman bin Ahmad, Permanent Secretary of Minister of Education. dilanjutkan kunjungan oleh Sekjen Pendidikan beserta rombongan ke booth kampus-kampus yang sedang mempromosikan keunggulan kampus.

Tim promosi HI pun tidak mau kalah, kami sempat memberikan Syal Biru UM kepada Bapak Sekjen saat beliau berkunjung ke Booth kami, sebagai tanda terima kasih dan kenang2an dari UM. Beliau berkata “Terima kasih Universitas Negeri Malang ikut berpartisipasi di sini, mudah2an sukses, dan kedepannya UM bisa menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka di Brunei Darussalam dan banyak warga Brunei study di UM”

Tim promosi HI mempromosikan UM melalui media video, souvenir, banner dan brosur kepada para pengunjung pameran. Tim mengenalkan program baik Degree maupun Diploma (S1, S2 dan S3) selain itu, juga menawarkan program Beasiswa KNB, Darmasiswa 2019 dan UM iCamp yang sangat diminati oleh mahasiswa Internasional. Ada pengunjung berkata “Malang sangat bangus, dingin tidak seperti di sini, ” kata salah satu pengunjung di Expo. Kegiatan ini juga menarik perhatian media cetak dan online Brunei salah satunya adalah Borneo Bulettin Sunday.

Diharapkan dengan UM mengikuti kegiatan ini, dapat menjaring mahasiswa internasional lebih banyak lagi, khususnya dari Negara Brunei Darussalam.

Penulis: Achmad Yogi