image_pdf

Malang-  Universitas Negeri Malang (UM) turut andil pada Hari Kesiapsiagaan Nasional. UM melakukan Pelatihan Simulasi Evakuasi Tanggap Bencana Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Simulasi bencana pada (26/04) antara lain bencana gempa bumi dan bencana kebakaran. Simulasi yang diadakan di lantai 1 sampai lantai 4 Gedung Graha Rektorat UM diikuti oleh civitas UM yang berada di lantai tersebut.

Tim K3 UM yang berperan sebagai panitia pada simulasi tersebut. Simulasi tersebut didukung oleh BPBD Kota/Kab, BPBD Provinsi, Damkar, PMI, dan Dinas terkait. Simulasi bencana yang diadakan UM tidak hanya untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional, namun hal ini juga bertujuan untuk mengetes alat-alat K3 yang menjadi salah satu kelengkapan fasilitas dari Gedung Graha Rektorat dengan 9 lantai tersebut.

Wakil Rektor II, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. memberikan sambutan dan ucapan terima kasihnya kepada seluruh civitas UM yang berperan pada simulasi tersebut.

“Kita sudah melakukan simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, jadi seperti inilah kira-kira jika terjadi bencana. Gedung ini sudah disiapkan kelengkapannya, jalur-jalur evakuasi melalui tangga darurat, melalui sinyal-sinyal itu. Harapannya mudah-mudahaan jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka kita sudah bisa melakukannya dengan baik tidak perlu panic tidak perlu takut dan cemas. Saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan ini bisa memberikan pelajaran langsung kepada kita semua”, terangnya.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan simulasi ini tidak hanya akan dilakukan di lantai 1-4 saja melainkan akan dilakukan di semua lantai Gedung Graha Rektorat UM. Kesiapan UM dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di gedung berlantai 9 Graha Rektorat ini sudah dipersiapkan sejak bulan maret lalu. Beliau juga menegaskan bahwa kesiapan UM akan keselamatan pegawainya di Gedung Graha Rektorat bersambut dengan tanggapan dari Ristekdikti yang menghimbau kepada seluruh PTN di Indonesia harus turut andil pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

Pewarta           : Salsabila Indana-Internship Humas UM