image_pdf
Peserta UM iCamp 2019 Memainkan Angklung

Malang. Kegiatan UM iCamp kembali digelar di tahun ini untuk yang keempat kalinya. Opening ceremony dan gala dinner bersama BNI dilaksanakan pada Jumat (16/8) di Graha Cakrawala UM. Acara dibuka oleh Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., dengan pemukulan gong dan pengalungan id card kepada salah satu peserta UM iCamp sebagai simbolis yang menandai dimulainya rangkaian kegiatan UM iCamp 2018. Terlihat turut hadir WR II UM, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. WR III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd. serta pejabat Hubungan Internasional (HI), humas dan kerjasama UM.

Di tahun ini tercatat peserta UM iCamp berasal dari 38 negara seperti Jepang, Italia, Uganda, Mesir, Turki, Myanmar, dan India. UM iCamp merupakan bagian dari upaya berkelanjutan UM untuk meningkatkan pendidikan global. Program ini diprakarsai untuk memberikan kesempatan langsung kepada mahamahasiswa luar negeri untuk belajar bahasa Indonesia dan mengalami kehidupan budaya dan akademik di Indonesia.

Dengan upaya memperluas sayapnya di tingkat internasional, UM melalui Kantor Urusan Internasional menawarkan berbagai program gelar dan non-gelar. UM iCamp 2019 salah satu program internasionalisasi non-gelar yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia. Program ini dirancang untuk menarik mahasiswa internasional untuk belajar budaya dan bahasa Indonesia di sekitar Malang. Sebagai penyatu peserta, UM iCamp 2019 memiliki jargon “Broaden Your Vistas, Elevate Your Global Endeavour“.

Program intensif ini terdiri dari sesi kelas, sesi sosial-budaya, dan kunjungan lapangan ke tempat-tempat budaya dan sejarah. Melalui sesi ini, mahasiswa internasional akan memiliki kesempatan untuk lebih memahami aspek dinamis masyarakat Indonesia di masa lalu, sekarang, dan masa depan.

“UM iCamp yang akan dilaksanakan kurang lebih delapan hari. Mereka akan mengunjungi studi budaya diantaranya bengkel angklung, kursus musik tradisional, workshop permainan tradisional nusantara, wisata kota malang, bengkel udheng, workshop dance nusantara oleh PSTM, perjalanan budaya, ke museum, dan ke bromo,” jelas Nabhan Fuad Choiron ,S.S., M.A selaku ketua UM iCamp 2019.

Tujuan dari program ini yakni untuk memperkenalkan budaya Indonesia khususnya budaya Malang kepada mahasiswa internasional, memberikan layanan pendidikan yang dapat menginspirasi mahasiswa internasional, memperluas paparan acara internasional di UM, mengoptimalkan timbal balik inisiasi kemitraan internasional, mendukung potensi wisata Kota Malang, mempromosikan kualitas pendidikan Indonesia khususnya UM kepada mahasiswa internasional.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas

Pewarta Foto   : Tatagraha Rahmanda – Internship Humas