image_pdf
Drs. Supratomo, M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyerahkan piagam penghargaan kepada
Sugeng Johaini Santosa, S.AB selaku Kepala Sub Divisi UM Press

Malang.  Universitas Negeri Malang (UM) semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Pada tanggal 18 Maret 2021 lalu, UM Press berhasil meraih Anugerah Pustaka sebagai Penerbit Aktif dari Kepala Dinas Perpustakaan Jawa Timur. Penganugerahan dilaksanakan di Hotel Aria Gajayana Malang.

Anugerah Pustaka ini diberikan dalam rangka pelaksanaan UU 43/2007 tentang Perpustakaan dan UU 13/2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam Penerbit maupun Pengusaha Rekaman yang diberikan oleh Bapak Drs. Supratomo, M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Sugeng Johaini Santosa, S.AB selaku Kepala Sub Divisi UM Press (dua dari kanan)
saat berfoto bersama

Untuk mendapat Anugerah Pustaka, setiap penerbit atau pengusaha rekaman wajib menyerahkan atau mengirimkan karya cetak/buku khususnya dari Penerbit ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) maupun Perpustakaan Propinsi selambat lambatnya 3 bulan setelah diterbitkan. Baik lewat penyerahan langsung maupun pengiriman sebanyak 2 eksemplar atau judul ke Peerpusnas dan sebanyak 2 atau 1 judul ke Perpustakaan Provinsi.

Sugeng Johaini Santosa, S.AB selaku Kepala Sub Divisi UM Press menyampaikan apa yang menjadi alasan UM Press mampu meraih Anugerah Pustaka sebagai Penerbit Aktif.

“UM Press mampu meraih Anugerah Pustaka karena UM Press selalu aktif dan rutin mengirimkan hasil karya cetak buku ber-ISBN ke Perpusnas dan Perpus wilayah. Selain itu kedisiplinan dan tertib administrasi yang kita terapkan pada karyawan yang akhirnya membuahkan hasil, mendapat Anugerah Pustaka pada tahun 2021.” Jelas Sugeng Johaini.

Piagam penghargaan dan piala untuk UM Press

Lebih lanjut Sugeng Johaini juga menyampaikan bahwa UM Press pada dasarnya melayani semua pengadaan bahan cetak seperti buku, jurnal, proseding, majalah dan lainnya dari Fakultas, Unit Kerja, maupun Ormawa yang ada di lingkungan UM.

Sugeng Johaini berharap, dengan adanya Anugerah ini UM Prees dapat mempertahankannya serta berusaha memperoleh Anugerah Pustaka di tingkat Nasional. Tentunya hal ini dibarengi dengan tertib administrasi dan disiplin yang tinggi, serta memajuka tertian uku UM Press yang lebih berkualitas dan bermutu.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas