image_pdf

Malang. Dua mahasiswa Matematika Universitas Negeri Malang (UM) berhasil raih Honorable Mention (Sambutan Kehormatan) pada ajang bergengsi International Mathematics Competition for University Students (IMC) 2020. Kompetisi yang akrab disapa IMC kali ini dilaksanakan secara online selama lima hari berturut-turut pada (25-30/7) akibat pandemi Covid-19. IMC merupakan kompetisi matematika yang diikuti oleh 34 negara diseluruh dunia dengan menyuguhkan delapan permasalahan untuk peserta selama dua hari berturut-turut.

IMC 2020 diselenggarakan oleh University College London dengan mengirimkan beberapa delegasi dan satu atau lebih Ketua Tim. Setiap Ketua Tim harus berasal dari posisi akademik di Fakultas yang mereka wakili. Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa yang telah menempuh tahun pertama, kedua, ketiga atau keempat pendidikan universitas dengan usia maksimal 23 tahun pada saat kompetisi. Lingkup permasalahan yang menjadi bahasan khusus pada IMC 2020 meliputi bidang Aljabar, Analisis Nyata dan Analisis Kompleks, Geometri dan Kombinatorik.

Karena bertajuk internasional, dalam kompetisi ini mahasiswa diharus menggunakan bahasa inggris. Dalam hal ini, Hery Susanto (Team Leader), Agung Muhammad (Deputy Leader), Dwi Roudthoutillah, Muhammad Syafiq, Muhammad Nur Alamsyah, Rofiud Darojad, Dia Ayu Nazihah, dan Muchamad Syaiful Faristyan menjadi delegasi dalam IMC 2020. Team Leader dan Deputy Leader berasal dari dosen Matemarika UM yang membantu dalam mengkoordinasi tim dan menjadi juri dalam tim lain. Pada IMC 2020 ini, Rofiud Darojad dan Muchammad Syaiful Faristyan berhasil meraih Honorable Mention (Sambutan Kehormatan)

Hasil yang membanggakan tentu diraih dengan persiapan yang matang, sejalan dengan hal ini UM telah mempersiapkan mahasiswanya dengan menyelenggarakan seleksi pada mahasiswa jurusan matematika yang diikuti angkatan 2019 hingga 2017, kemudian memilih enam delegasi terbaik sebagai delegasi IMC 2020. Delegasi-delegasi IMC 2020 akan dilatih secara online secara rutin.

“Setelah dilaksanakan seleksi dan diperoleh enam delegasi IMC 2020, kami difasilitasi dalam pembinaan dengan pembuatan grup diskusi”, jelas Rofiud Darojad selaku peraih Honorable Mention. Rofiud juga menjelaskan bahwa pembinaan yang diadakan sama seperti biasanya dengan melakukan diskusi dan pembahasan soal-soal yang berkaitan dengan materi olimpiade matematika tingkat universitas.

Penulis : Siti Nuradilla – Internship Humas UM

.