image_pdf

Malang. Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, Scimago Institutions Rankings (SIR) telah merilis peringkat universitas terbaik di dunia pada tahun 2022. Terdapat beberapa subjek dalam pemeringkatan ini, salah satunya ialah pendidikan. Gelar peringkat tertinggi dari berbagai subjek  berhasil diraih oleh Universitas Negeri Malang (UM). Hal ini menjadi bukti bahwa UM tak henti-hentinya berupaya untuk menjadi yang terbaik dan menjadi rujukan terutama dalam bidang kependidikan. 

Usaha-usaha yang selama ini telah diupayakan UM untuk mendapatkan posisi yang baik di pemeringkatan nasional dan internasional memiliki dampak positif yang cukup besar.  Salah satunya adalah peningkatan jumlah publikasi ilmiah yang terindeks oleh scopus maupun pengindek bereputasi global lainnya.

Pada dasarnya, UM tidak mempersiapkan apapun terkait penilaian SIR tahun 2022. Hanya saja, UM selalu berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan riset dan menghasilkan inovasi yang berdampak bagi masyarakat luas, meningkatkan jumlah publikasi ilmiah melalui jurnal atau forum bereputasi global, serta meningkatkan visibilitas institusi di dunia digital terutama di internet. Seluruh upaya tersebut dilakukan dengan jalan penguatan jejaring sehingga dapat mendukung aktivitas yang dititikberatkan pada kolaborasi dengan akademisi nasional maupun internasional.

Dengan adanya pencapaian ini, UM akan berkomitmen dengan senantiasa berusaha meningkatkan pencapaian dalam pemeringkatan SIR ini untuk tahun-tahun yang akan datang. Salah  satunya adalah dengan mengintegrasikan indikator-indikator SIR ke dalam rencana strategis jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Pencapaian ini tidak serta merta membuat UM bangga lalu bisa beristirahat sejenak dalam menapaki tangga kesuksesan. UM akan terus berupaya melangkah sehingga dapat mencapai puncak kesuksesan sesuai dengan tujuannya, yaitu  menjadi yang terbaik dan menjadi rujukan perguruan tinggi lain terutama dalam bidang kependidikan. Adapun beberapa langkah baru yang akan dilakukan oleh UM antara lain meningkatkan kuantitas dan kualitas kolaborasi dengan jejaring akademisi internasional, meningkatkan produktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga memberikan dampak positif pada produktivitas publikasi dan produk inovasi; meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi media massa tentang seluruh capaian UM terutama dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Mudah-mudahan UM semakin dikenal oleh dunia sebagai salah satu perguruan tinggi yang bereputasi, dan salah satunya tercermin dalam bentuk posisi peringkat yang semakin tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Utomo Pujianto, S.Kom, M.Kom., selaku Kepala Subdit Pemeringkatan UM.

Pewarta : Mega Tri Utami- Internship Humas UM
Editor : Nike V. Yuarko