image_pdf
Pemberian Cindera Mata oleh Wakil Rektor 1 UM Kepada Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran Undhiksa dr. I Putu Suriyasa M.S, PKK, SpoK

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) melakukan studi komparasi  ke Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (11/2) itu dihadiri oleh Prof. Dr. Budi Eko Sutjipto M.Ed M.Si, Prof. Dr. ME. Winarno M.Pd, Dr. Sapto Adi, M.Kes, Dr. dr. Moch Yunus M.Kes, dr. Sendhi Tristanti P, M.Kes dan dr. Anindya Hapsari M.Kes. Kegiatan berlangsung di kampus tengah Rektorat UNDIKSHA sejak pukul 08.30 WITA. UNDIKSHA selaku tuan rumah membeberkan beberapa hal mengenai FK kepada para perwakilan dari UM. 

UM memang belum mempunyai FK untuk saat ini. Pihak UNDIKSHA menjelaskan bahwasanya pendirian FK harus memenuhi syarat yang tercantum dalam Perkonsil No 15 Tahun 2013. Dimana syarat tersebut meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kurikulum, lahan pendidikan kesehatan serta rumah sakit pendidikan. Tidak hanya itu saja, pendirian FK juga harus di dampingi oleh FK dari universitas lain yang sudah terakreditasi A sebagai syaratnya.

Foto Bersama Perwakilan UM dan Tim dari Undhiksa

UNDIKSHA sendiri belum lama memiliki FK di kampusnya. Mereka mulai merintis pada tahun 2009 dan baru mendapat izin pendirian pada tanggal 16 Juli 2018. Selain persyaratan berdasarkan Perkonsil yang harus terpenuhi, komitmen pendanaan untuk pendirian FK juga mutlak di perlukan. Hal  ini juga berkaitan dengan proses pembangunan yang terhenti karena masalah biaya.

UNDIKSHA meyakini bahwa UM  bisa memiliki FK sama seperti yang UNDHIKSA lakukan. Mereka beranggapan UM telah memenuhi segala kemampuan yang di perlukan untuk membangun FK di kampusnya. Hanya tinggal aksi nyata yang di butuhkan untuk membuat itu terealisasi.

Pewarta : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM