image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) selalu berkomitmen untuk menciptakan kader pemimpin bangsa yang mumpuni di masa depan. Hal ini dibuktikan dengan suksesnya penyelenggaraan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL) tahun 2021 secara virtual. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari pada (4-6/10) melalui platform zoom meeting.

LKMM-TL adalah kegiatan latihan kepemimpinan yang dilaksanakan di setiap tahunnya. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa yang telah dinyatakan lolos di dua pelatihan sebelumnya yaitu LKMM Tingkat Menengah  dan LKMM Tingkat Dasar. LKMM TL tahun ini diikuti oleh 61 mahasiwa dari perwakilan masing-masing fakutas di UM dan UKM.

Meskipun dilaksanakan secara virtual, kegiatan LKMM-TL 2021 ini tidak kehilangan esensinya. Para mahasiswa mendapatkan banyak materi terkait kepemimpinan dan manajemen, diantaranya: anailis dan diagnosis situasi, sistem swabina, dan analisis wacana. Para mahasiswa juga aktif berdiskusi melalui ruang virtual. Para peserta juga diharuskan untuk melakukan studi lapangan secara daring ke instansi tertentu, di hari terakhir juga diwajibkan untuk mempresentasikan laporan dari kunjungan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UM,  Dr. Mu’arifin, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan LKMM TL ini akan melatih mahasiswa untuk menjadi pemimpin atau manajer di masa mendatang.  “Saudara akan dilatih bagaimana menjadi pemimpin dan manajer, Kata kunci dalam memimpin adalah kepercayaan, Kepercayaan akan dimiliki jika kita memiliki kompetensi, kompetensi banyak sekali diantaranya adalah kepribadian, Untuk menjadi pemimpin yang baik saudara harus bisa minimal pemimpin diri anda sendiri, barulah orang sekitar, dan selanjutnya komunitas, Bagaimana saudara mencapai tujuan bersama, oleh karena itu akan dihadapkan oleh kasus-kasus yang akan dilatih untuk menyelesaikannya, Selamat mengikuti LKMM TL!” ujarnya. 

Pewarta : Arya Wahyu Pratama -Internship Humas UM