image_pdf
Dr. Evi memaparkan kerjasama Internasional UM

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan audensi kerjasama Internasional dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd. Kegiatan dilakukan sebagai bentuk upaya UM untuk memperluas kerjasama Internasional dengan Universitas dan Institusi lainnya di Tahiland. Dihadiri oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., Direktur Hubungan Internasional, ketua LP2M, ketua LP3, para Dekan dari masing-masing Fakultas, serta Kepala SMA, SMP, dan SD Lab UM kegiatan berlangsung pada Jum’at (16/01) menggunakan platform conference Zoom Metting.

“Alhamdulillah selama ini sudah banyak kerjasama UM dengan sejumlah perguruan tinggi di Thailand. Tentunya hal ini tidak lepas dari fasilitasi dari Atdikbud di Thailand. Kedepannya UM berencana memperluas kerjasama di masa yang akan datang.” Ujar Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. dalam sambutannya.

Bentuk kerjasama UM dengan Intitusi di Thailand

Lebih lanjut Dr. Evi Eliyanah selaku Direktur Hubungan Internasional UM menjelaskan kerjasama apa saja yang sudah UM lakukan selama ini.

“Kerjasama antara UM dan Intitusi yang ada di Thailand antara lain adalah kerjasama penelitian dengan Walailak University, Yala Rajabhat University, King Mongkut’s University of Technology Thobury, Prince of Songkla University, dan Chulalongkorn University. Memang kerjasama penilitiann ini yang sangat intensif. Karena setiap proposal pendanaan yang akan diajukan harus menyertakan peneliti Internasional.” Jelas Dr. Evi Eliyanah.

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd memberikan sambutan

“Sementara mobilitas mahasiswa selama ini kerjasama kita lakukan dengan Walailak University, Yala Rajabhat University, dan Suranaree University of Technology. Kemudian untuk transfer kredit itu ada Prince of Songkla University. Setelah itu ada PPL /KKN ini dilakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah Islam yang ada di Thailand selatan. Kemudian kita juga punya Adjunct Profesor di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) itu berasal dari Asian Institute of Technology Bangkok. Untuk SEA Teacher Project kita pernah bekerjasama dengan Chiang Rai Rajabhat University.” Lanjut Dr. Evi Eliyanah.

Prof. Dr. Mustari, M.Pd.

Kedepannya UM berencana memperluas kerjasama dalam bidang-bidang lain dan juga mengirim mahasiswa untuk PPL di Sekolah Indonesia Bangkok untuk bidang kependidikan dan magang di KBRI untuk mahasiswa non kependidikan.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM